Jejak-jejak Karyaku

Minggu, 08 April 2018

5 Langkah Cara Mendeteksi Penerbit Abal-abal


Pasca kemunculan Rio dan Juan, semakin membuat penulis pemula takut terjebak penerbit abal-abal. Banyak yang inbox aku menanyakan seperti ini, “Kakak, penerbit xxx itu aman nggak?” Sebenarnya kamu sendiri pun bisa menyelidiki sebuah penerbit abal-abal atau bukan. Dengan cara 5 langkah di bawah ini :

Apa Pentingnya ISBN? (Kasus ISBN Turunan)


Hari ini lagi-lagi ada yang laporan soal ISBN palsu. Bagi dedek gemesh (READ : PENULIS PEMULA), pasti bertanya-tanya, ISBN itu apa? Terus fungsi ISBN untuk apa? Baiklah, akan aku jelaskan satu persatu pertanyaannya.

   Pengertian ISBN :

ISBN (International Standard Book Number) adalah kode pengidentifikasian buku yang bersifat unik. Informasi tentang judul, penerbit, dan kelompok penerbit tercakup dalam ISBN. ISBN terdiri dari deretan angka 13 digit, sebagai pemberi identifikasi terhadap satu judul buku yang diterbitkan oleh penerbit. Oleh karena itu satu nomor ISBN untuk satu buku akan berbeda dengan nomor ISBN untuk buku yang lain.

Kamis, 05 April 2018

Buku Arsha Teen Bulan April 2018




Judul : Chartreuse 2014

Penulis : Ida R. Yulia
Tebal : 476 hal.               
ISBN : 978-602-661573-2   
Harga : Rp.  90.000,- (harga umum)          
Pemesanan :                                                                            
Sms ke nomor 085654910277 ketik C2014-NAMA LENGKAP-ALAMAT LENGKAP- NO. HP-JUMLAH PESANAN Bisa juga melalui BBM 7D0AD896, atau inbox fp Ariny NH
Blurb ;

Minggu, 01 April 2018

Tujuan Gue Beberin Dosa Naskah Orang di Status

Salah satu kebiasaan buruk gue adalah membeberkan dosa naskah orang di status.
Gara-gara itu banyak yang koment kek gini, "Namanya penulis pemula, masih belajar jadi maklumin aja."

Sabtu, 24 Maret 2018

Plagiat Again

Sejak kasus AFI, tindakan plagiarisme semakin bermunculan. Terakhir heboh penulis wattpad plagiat novel yang terbit di mayor. Hari Jum'at tanggal 24 Maret 2018, pas gue bangun bobo buka chat 7 somplak mereka bahas dunia literasi kembali heboh soal plagiat. Lebih mengejutkan lagi pelakunya Devi Eka, runner up Unsa Ambasador. Info yang aku dapet karya yang diplagiat Pika bukan cuma 1 tapi ada 3. Dan semua hasil plagiatan dimuat di koran.

Minggu, 18 Maret 2018

Pengalaman Menghadiri Gala Premier


Tanggal 29 November aku jalan-jalan ke Jekardah. Sampe Jekardah, Akai – sohib gue WA. Dia ngirimin undangan gala premier Chrisye di XXI Epicsentrum, “Lo ngefans ma Andi Arsyil kan? Nih, gue dapet undangan dari kantor, kalau lo mau ketemu Andi ikut gue ke gala premier Chrisye.”
          Ketemu Andi Arsyil dan menghadiri gala premier kapan lagi coba? Boro-boro menghadiri gala premier, nonton bioskop aja terakhir kali pas film Titanic th 1996 lalu. Di Martapura nggak ada bioskop. Adanya di Duta Mall Banjarmasin. Jarak MTP-BJM lumayan jauh. 1 jam naik mobil dulu.

Kamis, 15 Maret 2018

Kita Pasti Pernah Alay


Dalam seminggu ini dunia hiburan heboh bahas video Om Deddy C yang tentang menyindir ‘acara alay’ Video itu kini sudah ditonton 900 ribu lebih. Seperti biasa, setiap yang dilakukan artis pasti ada pro dan kontra. Nah, salah satu yang pro terhadap video Om Deddy adalah KPI. Sampai memberikan penghargaan special.
         Sedangkan yang kontra Astrid Kuya. Dia sampe ngedumel di insta story instagramnya seperti ini, “Alay nggak dosa. Yang dosa sombong dan pamer.” Wuih, banjir komentar di postingan Tante Astrid. Salah satu komentar yang aku inget kayak gini, “Alay itu artinya berlebihan. Dalam islam kita dilarang berlebihan. Berarti alay juga masuk dosa.”