Jejak-jejak Karyaku

Rabu, 27 November 2013

Perjalanan Hidup Gue di Tahun 2013 Beserta Harapan di tahun 2014.

Wah, hari cepat banget berlalu tanpa terasa kurang lebih masuk tahun 2014. Selama tahun 2013 banyak banget kejadian yang gue lalui. Di tahun 2013 ada 2 hal yang membahagiakan.
1. Kedua Novel gue terbit di tahun 2013
2. Arsha Cellprint, (usaha konter dan percetakan foto) terwujud hasil novel.
3. Buku antologi Selayang mimpi masuk di Festival Pembaca Indonesia yang diadain  oleh Goodread

Namanya hidup ada bahagia pasti ada sedihnya. Begitu pula hidup gue. Gue juga mengalami beberapa kasus di tahun 2013. Antara Lain :
1. Berantem sama sahAbatku yang berinisial R.
2. Kasus buku Memeluk Luka
3. Kasus ISBN Palsu di tempatku bekerja
4. Berantem sama teman inisial L.

Gue akui sih kasus 1, 2, dan 4 muncul karena sifat gue yang ceroboh, gak bisa nahan emosi, dan ceplas ceplos. Berharap tahun 2014 gue bisa mengendalikan diri. Eits, selain itu gue juga punya banyak harapan diantaranya :
1. Novel go internasional.
2. Bisa mewujudkan mimpi buka penerbitan mayor yang diberi nama "Arsha Publishing House"
3. Buka Arsha Butik
4. MENIKAH

perasaan dari tahun ke tahun harapan yang belum pernah gue wujutin sampai sekarang adalah MENIKAH. (abis belum nemuin pangeran yang pas di hati). Doain aja biar gue cepat nemuin yang cocok. hihihi

Jumat, 22 November 2013

Tips Menulis Ala Gue

Banyak yang ingin jadi penulis tapi mereka hanya ingin bukan untuk mewujudkannya. Alasannya macam-macam sibuk lah, gak mood nulis lah, dll. Kalian tahu gak apa yang membuat kalian gak mood menulis? Hanya ada 2 sih faktornya, yang pertama fb lebih menggoda daripada tulisan kita yang menyebabkan otak kita malas mikir dan yang kedua adalah kita gak benar-benar mencintai naskah kita sendiri. Cobalah cintai naskahmu sendiri maka naskah akan mencintaimu. Anggap, naskah itu seperti anakmu sendiri. Sesebuk apapun seorang ibu pasti menyempatkan diri untuk memerhatikan anaknya. Ibu mempunyai hati nurani tidak akan menelantarkan anaknya, begitu juga penulis. Penulis yang mempunyai hati nurani tidak akan menelantarkan naskahnya.

nulis itu gak usah banyak2, cukup 5 hal sehari. kalau sebulan kan bisa 150.
yuk nulis lawan moodmu. masa kamu dikalahkan mood?


banyak yang nanya kayak gini " apa sih resep produktif kamu rin? lancar bgt dpt idenya?'"

Bagi gue ide itu sama seperti jodoh. Nggak usah dicari dia akan datang sendiri.  Yang harus kamu lakukan adalah membuka mata, telinga dan pikiran untuk menyambut kedatangan ide.
Membuka mata dan telinga adalah amati kasus-kasus orang di sekitarmu. Dengarkan curhatan teman-temanmu. Semua itu bisa dijadikan novel lho, true story dicampur dengan fiksi. Kayak novelku Kukembalikan Cintamu, dan masih banyak lagi.

Membuka pikiran lebih tepatnya merangsang otak kali ya? Ide segar terkadang perlu rangsangan. Rangsangannya itu memakai teknik idiom spontan (ilmu yang pernah diajarkan mamah Fitria Pratnasari) Apa sih idiom spontan itu? Idiom spontan teknik menulis menggunakan otak kanan atau secara spontan. Caranya amati benda di sekitarmu? Sebutkan 1 kata kerja dan kata sifat. Misalnya TELOR, JAGA WARUNG, BAU. bikin 3 kata tersebut jadi kalimat tapi bikinnya secara spontan, Saat aku menjaga warung milik bunda tercinta, tiba-tiba aku mencium bau busuk. Apakah itu telur busuk? 
Dari 3 kata itu bisa kamu kembangin lagi jadi novel. Tentunya kamu tambahin kasus/konflik. Misalnya ada cowok ganteng mampir ke warungmu, kamu terpesona hingga akhirnya kamu jadian sama tu cowok tapi sayangnya cowok itu dah punya istri. 
Pada akhirnya 3 kata bisa menjadi 1 novel 100 hal. Menulis itu mudah kan? Yuk, mulai menulis!

Selasa, 19 November 2013

Hal-hal Yang bikin cewek ilfell duluan saat PEDEKATE sama cowok.

Buat cowok-cowok yang ingin pedekate sama cewek kudu plus wajib menghindari hal-hal yang bikin cewek ilfell duluan. Kalau cewek sudah ilfell duluan kesempatan kamu buat mendapatkan cintanya semakin menipis. Nih, gue kasih tahu hal-hal yang bikin cewek ilfell duluan saat pedekate.

1. Cewek nggak suka cowok pelit kata2 "hi, met malam" dan keponya garing "dah makan lum? umurnya berapa? dll" so, kalau mau pedekate sama cewek jadilah cowok yang asyik, kreatif, bikin cewek itu merasa nyaman berhubungan sama kamu.

2. Cewek juga nggak suka baru beberapa jam kenalan sudah diajakin ketemuan. Halo, emang kenal harus ketemu? Cowok kalau ngajakin ketemuan itu kesan nggak baiknya kelihatan. Bukankah cowok yang baik itu kalau mau ketemu cewek harus menemui ayahnya dulu?

3. Cewek nggak suka cowok nggak modal. Masa makan aja minta dibayarin cewek? Hari gini cowok nggak modal? Capek deh! Nih, ya kalau cowok nggak modal cewek langsung mikir "makan aja nggak sanggup bayar, gimana ntar klo gue nikah sama dia? Bakal sengsara gue."

Minggu, 17 November 2013

Profil lengkapku.

Berhubung di we chat, sms banyak banget yang kepo alias banyak nanya. Nih, gue bikinin profil lengkap gue. Tapi profilnya kayak KTP ya.




DATA PRIBADI

1. Nama Lengkap : Ariny Nurul Haq

2. Tempat, Tanggal Lahir : Surakarta, 16 September 1991

3. Domisili :
Jl. Martapura lama Rt.02 Rw. 01. Desa keramat baru, martapura timur kalsel 70619.
4. Jenis Kelamin : Perempuan

5. Agama : Islam

6. Status : belum menikah


7. Pekerjaan Sehari-hari  : Mengetik novel, edit naskah, ngurus Arsha cellprint (usaha cetak foto plus konter)
8. Makanan favorit  : Bakso and nasi goreng
9. Minuman favorit  : Es teh, kopi susu, dan lain-lain pokoknya minuman yang halal
10. Film favorit       ; horor and romance
11. Penulis Favorit  : Fitria Pratnasari, Habiburrahman, Alieazalea, Stephanie Zen, Mira W dan tante Mara GD.
12. Tipe cowok idaman  : bibirnya sexy, smart, baik hati, penyabar, setia, dan pastinya bisa menerima kekuranganku.
13. Novel-novel yang pernah kugarap : kuntilanak gaul, Di antara Dua Pilihan, Ketika Cinta Semerah darah, Love Strom in Seoul, Susan ngesot, Ketika Hati Merelakan Cinta dan kukembalikan Cintamu.

14.. Telepon : 085654910277

15. e-mail : Arinymoela@ymail.com

16. Facebook : "Ririen Narsisabiz Pashaholic"
17. Twitter      : @airin_napasha
18. We chat    : Ariny_NH









RIWAYAT PENDIDIKAN

1. (2003) Lulus SD Al-Amin Surakarta

2. (2006) Lulus MTS. Puteri Al-Amin Pasayangan

3. (2009) Lulus MA. Puteri Al-Amin Pasayangan



PENGALAMAN KERJA

1. Bekerja di Penerbit Goresan Pena

· Periode : Oktober 2012 - sekarang

· Posisi : Editor

Sabtu, 16 November 2013

Penerbit Yang PHP itu

PHP, Hanya 3 huruf tapi 3 huruf tersebut nggak asing lagi di telinga kita. Hampir seluruh remaja zaman sekarang selalu dikit-dikit nyebutin PHP. Bagi yang belum tahu apa sih PHP itu? PHP adalah singkatan dari PEMBERI HARAPAN PALSU. Nah, penulis juga banyak ketularan sydrom PHP. Baru 2,5 bulan kirim naskah ke mayor labels udah kebakaran jenggot dan update status di fb isinya "huwaaaaaaa... naskah gue di-PHP-in penerbit mayor"
Gue cuma bisa ngikik bacanya. Nih, ya gue kasih tahu mayor labels lama ngasih kabar naskah itu wajar dan TIDAK TERMASUK PENERBIT PHP. namanya juga mayor labels 1 bulan ada 50 naskah yang masuk.
Sedangkan penerbit PHP itu .... misalnya di sebuah blog penerbit tertulis menerima naskah fiksi dewasa atau remaja tapi pas kirim lansung ditolak alasannya "maaf ya saat ini kami hanya menerima naskah terjemahan" itu baru PHP, ngasih harapan palsu ke penulis. kalau emang nggak nerima naskah fiksi harusnya di web/blog tertulis "HANYA MENERIMA NASKAH TERJEMAHAN"
nah, udah tahu kan penerbit PHP itu yang kayak gimana? so, jangan lagi dikit2 bilang naskahku di php-in penerbit.

Jumat, 15 November 2013

Perjalanan gue dalam merintis karir di dunia kepenulisan

Hallo, blogger. Ririen yang cute datang lagi. Kali ini gue mau bercerita bin mendongeng tentang perjalanan gue dalam merintis karir di dunia kepenulisan.

Menulis itu bukan pekerjaan sia-sia tapi pekerjaan yang memerlukan ekstra kesabaran. Kayak gue mewujudkan mimpi jadi penulis yang benar-benar bukanlah hal yang mudah. Banyak asam, asin dan pahit pernah gue lalui.

Gue suka dunia ke penulisan sebenarnya sudah dari SD, waktu itu aku berlangganan majalah bobo. Setiap lihat cerpen di majalah, gue sering berkata "bisa nggak ya kelak aku jadi penulis cerpen?" tapi sayang, gue sama sekali buta tentang gimana caranya kirim naskah ke media. waktu itu belum ada pc juga.
Lama melupakan mimpi jadi penulis, gue fokus sekolah dulu.
Waktu tahun 2010 gue iseng-iseng nulis cerbung fanfiction tokoh utamanya itu personel ungu. Itu tulisannya masih amburadul pakek banget plus sama sekali nggak makek EyD. Tapi anehnya teman2 fb gue banyak yang suka kata mereka, "Cerbungnya keren dijadikan novel aja." sejak itu muncul lagi hasrat ingin jadi penulis.

Gue mulai rajin baca2 cerbung orang dan bertemulah dengan mamah Fitria Pratnasari. Beliau mencemplungkan gue ke grup PGC, di situ gue dibimbing dan banyak dapet ilmu tentang kepenulisan.
tahun 2012 gue mulai coba bikin novel. Berhubung gue masih belum sanggup nulis 100 hal aku mengajakin 2 orang sahabat untuk garap novel bareng. Novel pertama yang kugarap KCSD, novel itu ditolak 3 kali lebih.
Nggak puas cuma berguru 1 orang. Gue nyari guru lagi, terus masuk ke grup2 kepenulisan yang lain. Grup setelah PGC, yang gue masukin itu Inspirasiku dan antologi es campur. Di sana gue tahu tentang penerbitan indie dan mulai mengikuti event2 penerbitan indie. Buku antologi pertama "Cerminku bicara" hasil event fiksi mini inspirasiku. Gue juga sempat mikir, "novel gue daripada ngendep di pc mending terbitin di indie aja kali ya?" gue rundingin ke patner, mereka setuju. Bulan Oktober novel KCSD terbit di GP Publishing. Kebetulan penerbitannya baru dan paket penerbitannya gratis.


Ditolak bikin lagi sampai akhirnya novel ke 6, semuanya ditolak mayor dan berakhir terbit di penerbit indie. Aku sempat depresi dan nyaris menyerah. Jelaslah gue nyaris nyerah, 6 novel 1 buku paling terjual 5 eks. mamaku ngomel "ngapain sih lu jadi penulis? Nggak jadi duit. mending lu kawin. jelas hidup lu terjamin."
 Gue jawab, "Iya, Ririen akan novel dah mejeng di gramedia."
dalam hati gue ngomong, "Iya, kalo mejeng di gramed kalau nggak? Gue nggak kawin-kawin? 6 novel aja ditolak mulu."
gue jadi penasaran Kenapa ya novel gue ditolak mulu? 6 novel, gue harus menerima 25 kali penolakan penerbit. 1 novel ditolak 5 kali, padahal udah bolak balik gue revisi.

kata teman gue perbanyaklah membaca buku. Di sinilah kesulitannya, bukannya gue gak mau beli dan menghargai karya orang tapi di martapura nggak ada gramedia. adanya di banjarmasin, ke BJM perlu biaya 200 rb. Kalau beli buku lewat online lebih mahal ongkir. Bahkan penjualnya pada ngotot jasa pengiriman lewat JNE, padahal lewat pos lebih murah.

Gue berinisiatif lain, yaitu baca E-book. Ebook yang gue baca novel2nya tante Mara GD, MIRA W, and novel2 tema pernikahan. Gue tertarik, "kalau gue pindah genre seru kali ya?" kebetulan akhir desember 2012, mantanku bilang "Rin, perjalanan cinta kita dijadikan novel dong? Biar anak cucu kita bisa baca"

perjalanan cinta gue ribet sama kayak perjalanan karir gue. Cinta nggak direstui, gue jadiin novel tapi dicampur dengan fiksi, endingnya gue ubah. soalnya klo endingnya nyata sampai sekarang gantung wkwkwk. Itu novel gue coba2 kirim ke kino media WA. Gue nggak yakin sebab naskah gue pernah ditolak KWA 8 kali. Tapi di luar dugaan bulan maret 2013 naskah gue malah di acc KWA, bulan Juni terbit dan beredar di gramedia.

                                                               Foto novel gue mejeng di gramed

Dari sini gue belajar penulis itu sama kayak seorang ibu yang mau melahirkan anaknya. Kelihatan mudah tapi prosesnya panjang. Jangan mikirin duit dulu. Yang penting memperbaiki kualias karya. Cara memperbaiki kualitas karya rajin2 membaca, gabung ke grup kepenulisan, amalkan ilmu2 yang ada di grup2 tersebut, dan paling penting seting2 buka kamus bahasa Indonesia. Terkadang kesuksesan bisa kita raih ketika kita nyaris menyerah. Kalau kamu menyerah maka nggak akan sukses.

Udah dulu ya ceritanya. Tangan gue capek ngetik! Buat teman2 yang mau jadi penulis 1 hal yang harus kalian tahu jadi penulis ngggak langsung dapet duit. Prinsipnya cuma 1 jangan menyerah! Rasa capek menulis akan hilang dalam sekejap ketika melihat novel mejeng di gramedia.



Jumat, 08 November 2013

Alhamdulillah, buku antologi puisiku "Selayang Mimpi" masuk nominasi di FPI 2013

Hari ini gue Seneng bin bahagia soalnya dapat kabar tak terduga. Sore-sore abis mandi gue langsung online. Eh, ada inbox masuk. Karena penasaran gue klik inbox tersebut. Inbox tersebut isinya "Selamat ya mbak buku kumsinya masuk nominasi di Festival pembaca indonesia, ajang yang di adain oleh goodreads"
Aku bingung, buku puisi yang mana coba? buku kumsiku kan banyak. "Buku puisi yang mana?" tanyaku pada orang yang mengirim inbox.
dia membalasnya "Selayang mimpi"
"Ah, masa sih? boleh minta linknya?" ujarku tak percaya dengan apa yang ia ucapkan. Dalam waktu beberapa menit dia mengirimkan link  http://festivalpembacaindonesia.com/2013/11/04/polling-anugerah-pembaca-indonesia-2013-longlist-tahap-i/

karena penasaran tingkat tinggi gue langsung klik link tersebut. Untung modemku lagi waras jadi cepat aja ke buka. eng ... i... eng mata gue terbelalak melihat postingan yang ada di link tersebut. judul2 novel yang masuk di link tersebut hanya milik penulis2 yang kece badai kayak Tere liye, Ilana tan, Winna effendi, dll
begitu liat kategori puisi FPI, buku selayang mimpi beneran nangkring di sana.
aku bingung kok bukuku bisa masuk ya? gue cari informasi, katanya setiap tahun panitia mencari buku2 yang layak masuk nominasi. nah, buku bisa masuk nominasi karena ada yang mengusulkan dan memenuhi syarat. syaratnya itu penjualannya bagus. pokoknya kebahagian gue dobel.

nah, bagi teman2 mohon vote buku selayang mimpi ya di link 
http://festivalpembacaindonesia.com/2013/11/04/polling-anugerah-pembaca-indonesia-2013-longlist-tahap-i/ 
 
yang vote gue doain dapet jodoh yang terbaik

Selasa, 08 Oktober 2013

Arsha Seluler Dan Arsha Print






Alhamdulillah, satu persatu mimpi gue terwujudul Nah, kali ini mimpi gue yang terwujud itu berdirinya Arsha Celuler, Dan Arsha Print. Arsha Celuler dan Arsha print itu tempat isi lagu, isi pulsa, cetak foto, cetak stiker paling murah di Martapura. Arsha Cellprint beralamat Jl. Martapura lama Rt. 02 Rw.01 Desa Keramat baru, Martapura Timur Kalsel.

Arsha Seluler
Isi lagu 5rb dapet 1000 lagu (bebas milih lagu apa aja, kalau di pc gak ada bisa dicarikan di internet.)
Isi film 20 mb, 10 rb.

Arsha Print
Cetak foto/stiker ukuran 3 R=1000
Cetak foto/stiker ukuran 4 R=2500
Cetak foto/stiker ukuran 8 R=8000

boleh request minta editkan foto make bingkai atau bahkan di web edit foto.

Gue berharap 2 usaha gue ini majo dan berkembang. Biar gue bisa mendirikan lini Arsha.
Arsha Butik, Arsha publishing House, Dan Rental buku Arsha

Jumat, 27 September 2013

Emang gampang nyari jodoh?

Setiap kali gue ke rumah nenek atau lagi kumpul ma keluarga besar pasti banyak banget, yang nanyain. berikut pertanyaan-pertanyaannya.

Nenek : "Rin, umurmu udah pas 22 kan? Kapan nikah? Tuh teman-teman SD-mu dah pada punya anak."
Tante : "Kamu masih sama Adit? Cari yang lain aja nape, banyak cowok lain."
Mama : "Cowok pada kabur pas dekat, abis mukanya judes mulu. Ada cowok kenalan juga langsung digalakin."

Gue cuma nyengir dalam hati kedumel. Alasan-alasan kenapa gue belum nikah
1. Umur gue masih 22 tahun. Emang sih di banjarmasin anak cewek umur 15 th sudah pada nikah, mereka nggak mentingin pendidikan. Gue kan BCB (BUKAN CEWEK BIASA) Gue juga masih pengen ngejar karir. 

2. Mana mungkin gue bisa gantiin posisi mas Adit, cuma dia yang ngerti gue luar dalem, nerima gue apa adanya.

3. Kenapa gue galak ma cowok waktu kenalan? Karena cowok-cowok zaman seklarang klo chat, sms, inbox isinya terlalu simpel, gak asyik dan garing pake banget. "Hay, lagi ngapain, orang mana? ujung2nya bilang own" itukan bikin gue ilfel sebelum pedekate. Kalau mau jadi cowok gue ya harus nyambung ma gue dan kreatif dikit.

Ada hikmahnya juga mereka ngasih pertanyaan2 gitu, hikmahnya itu gue tuangin ke naskah baru gue BUKAN CINTA TERLARANG. tokoh utama arsha alifia, arsha alifia itu karakternya gue banget gak suka ma cowok garing dan kreatif dan yang paling penting dia mengidolakan penyiar radio namanya alfian.

gampang kan nyari ide? ide itu ada di sekitar kita, yang kita lakukan buka mata untuk melihat ide itu.

Kamis, 26 September 2013

Nama-nama Tokoh yang ada di Novel-novel gue

Sudah ada 23 novel yang gue bikin ntah itu novel solo maupun novel kroyokan. Tentunya ada banyak pula nama orang-orang di sekitar gue yang gue pinjem namanya. Gue itu suka bikin novel tokohnya nyata, biar feelnya dapet. Siapa aja mereka? Review dulu novel-novel yang gue buat serta nama-nama tokoh yang ada di dalamnya. Ada juga penjelasan mengapa gue memakai nama2 itu.
    1. Kuntilanak gaul : Reisha, Mandala, Edward, Ashley, dll. Mengapa gue memakai nama-nama itu? karena pada saat mau garap novel gue lihat mandala sojie, di termehek-mehek, liat edward, di twiligt. Kalau Reisha, itu calon anak gue singkatan dari Ririen end pasha wkwkwk
    2. Di antara Dua Pilihan : Chella, Vhidi, Ferry dan Octo. Mengapa gue memakai nama-nama itu?Karena waktu itu gue sahabatan ma Chella, Vhidi, mereka itu anak-anak cliquers. Ditambah obrolan kita membahas Ferry dan Octo, itu lho anggota timnas. Daripada mubazir gue tunangin ke naskah
    3. Ketika Cinta Semerah darah : Arif, Sizuka, Sizuki. Mengapa gue memakai nama-nama itu? Karena gue suka nonton doraemon, kan ada sizukanya makanya gue tuangin ke naskah
    4. Love Strom in Seoul : Kiki, hyun Sang dll. Gue iseng aja sih make nama itu, abis gue bingung nyari nama korea wkwkwk
    5. Susan Ngesot : Renata, Renita, Rangga, Radit, Natasya, Rere, Rahma dll. Mengapa gue memakai nama-nama itu? Karena Waktu itu gue lagi asyik-asyiknya sahabatan ma natasya, bi jamu Desi Tri Rahmawati, makanya gue masukin ke novel biar gue selalu inget mereka. Ide susan ngesot pun dari mereka. Berhubung otak gue penuh Rangga moela, tokoh cowoknya make rangga deh
    6.  Ketika Hati Memilih Cinta : Renata, Radit, Rasya, Chika, tante Flora. Ini novel lanjutan Susan Ngesot, makanya masih make nama Renata dan Radit. Kalau nama Chika itu pemberian patnerku.
    7. Pelangi Cinta di Atas Mimpi : Friezka, Aldi, Selvie, Raihan. Friezka dan Selvie itu nama temenku di Cliquer, mereka sering rebutan Arloncy Miraldi alias oncy Ungu. Aku ambil nama Aldinya aja deh.
    8. Kukembalikan Cintamu : Ariny, Adit, ini novel kisah nyata gue jadi gue mau tokohnya ada disekitar gue. 
    9. Kamu Adalah Cintaku : Tantrini, EDward, Lucas, Iqbal. Novel ini merupakan lanjutan novel kukembalikan cintamu dan kuntilanak gaul. Terciptanya novel ini gara2 nonton twiligt dan iqbal coboy junior. Tantrini, itu nama bikinan mas adit dia pengen banget punya anak namanya Tantrini, dia kan sangat mengidolakan tantri kotak
    10. Pantaskah aku mencintainya? : Dahlia wiskasari, Arizal, Rayhan. Dahlia wiskasari itu sahabat gue yang paling narsis, Arizal cinta pertama gue yang ada di Solo, Rayhan mantan gue yang berondong. Gue bikin naskah ini karena gue kangen banget ma mereka. Siapa tahu aja kalau novel terbit terus mereka baca novelnya, mereka menghubungi gue.
    11. Bukan Cinta Terlarang : Arsha, Alfian, Anita, dll Alfian itu nama penyiar radio idola gue, suaranya menentramkan hati siapa tahu aja kalau novelnya terbit, terus dia baca dia menghubungi gue dan sadar gue lah yang selama mengidoilakannya.
    12. Kesempurnaan Cintamu dan Cinta di 7 Keajaiban Dunia : Devinta Anggraini, Adipati Dimas, Ivana, Rifky. Aku makai nama-nama itu karena mereka sahabat-sahabatku di dumay. Kebetulan aku bikin novel karakternya tentang cewek yang tergila-gila sama Adipati Dolken, pas banget Devi yang cocok meraninnya. 
    13. Misteri Hilangnya Hati Manusia dan Misteri Kematian Nien: Taufiq, Hambali, Ilham, Letnan Arief. Taufiq itu adikku, kalau yang lainnya itu temen-temennya. Aku sengaja meminjam nama mereka karena mereka bercita-cita jadi detektif. Aku ingin mewujudkan cita-cita mereka walaupun cuma di novel wkwkwk
    14. Sumpah Cinta : Gibriel Alexander, Restyani Ananda Putri, Anindya. Aku makai nama Gibriel karena waktu bikin novel itu, aku lagi ngefans sama Gibriel, pemain bola di Barito Puta. Restyani itu nama teman di Cliquers, lagi kangen aja sama dia.
    15. Cinta Tanpa Alasan : Reivan, Dita, Rahma, Rangga, Reina, Nadya. Nama-nama itu yang bikin patner novelku. Gak tau deh alasannya apa :3
    16. Kau Harus Bahagia : Airin, Arizal, Atalarik Ferbrianto. Alasannya sama seperti saat garap novel Pantaskah Aku Mencintainya? garap novel itu karena lagi kangen sama Arizal.
    17. Kau Begitu Sempurna : Adit, Arizal, Arsyadanie, Novitho, Agus, Nafi, Izzah, Taufiq. Mereka semua sahabat-sahabatku waktu SD Al-amin. Ini novel kisah nyataku jadi aku melibatkan semua orang-orang yang berarti dalam hidupku.
    18. Playboy Ingin Setia : Nandira Gunawan, Nadila maharani, Desi, Nandira itu temen penulisku, dia dijuluki playboy. Nadilla itu cuma nama karangan gue aja sih, biar klop jadi saudara kembar Nandira. Desi temen penulisku juga, dia yang menjuluki Nandira dengan sebutan playboy.
    19. Sandiwara Cinta : Keyzia Anastasya, Rasya, Jonathan, Silvia. Semua itu cuma nama-nama karanganku doang kok. Eh tapi kalo Rasya itu kan beneran ada yaitu anak tante Tamara. Aku minjem nama dia karena lagi ngefans bingits sama Rasya.
    20. Mr. Boros Kepentok Cinta Miss Perhitungan : Radith, Andhini Maharani, Andhina Rosalia, Dhanu Atmaja, Citra. Radith itu mantan gebetanku yang memiliki sifat boros. Andhanu dan Andhina anaknya Radith, novel ini tercipta gara-gara kehadirannya dalam hidupku.  
    21. Malaikat Patah Hati : Risma Nabila, Arya Bima, Bastian, Felis. Nama Risma itu nama sohibku,. Bima nama pembimbing novelku yang udah nggak ada. Bastian nama cowoknya Risma. Felis itu temenku dan temen Risma juga
    22. Renuni Mantan : Mikayla Gempita Berliana, Ariendra Yusuf Pratama, Aqillah intania. Nama-nama itu aku ambil dari gabungan nama anak-anak artis. Mikayla itu nama anaknya Nia ramadhani&ricky harun. Gempita, anaknya gading gisel. Ariendra-anaknya mas dude harlino. Yusuf, anaknya boy hamzah, Aqilah-anaknya ayu dewi
    23. 7 Misteri di Korea. Novel ini sekuel dari novel Cinta di Tujuh Keajaiban Dunia dan Misteri Kematian Nien. Nama tokohnya masih : Adipati dimas, devinta anggraini, taufiq, hambali, ilham.
    24. Kacamata Kematian : Arsyil Langit Ramadhan, Arshita Bintang Oktarina. Arsyil itu nama belakang idolaku era tahun 2014 *nunjuk andi arsyil. Langit itu ngambil nama belakang 'rajo langit' di sinetron 7 manusia harimau. Arshita, asal aja sih. Suka nama itu mirip ma arsyil. Arsyil-arshita ke dengerannya cocok  disatuin
  1.  
    1. Sebenarnya masih banyak lagi sih, tapi tangan gue pegel ngetiknya wkwkwk

Memerhatikan Persinetronan Indonesia

Tahun 90an judul2 sinetron itu banyak yang awalannya make kata 'TER' seperti tersayang, tersanjung
Banyak juga yang make kata hubung 'dan' sperti "tuyul dan mbak yul, jin dan jun'

Tahun 2004-2005 banyak yang make judul memakai kata perhiasan seperti 'liontin, cincin'
Banyak juga yang memakai judul diambil dari dongeng seperti ' bawang merah bawang putih, cinderella,'

Tahun 2006-2009 judul2 sinetron banyak yang memakai nama tokoh utama seperti 'solehah, dan, intan, olivia, khanza dll'
Ada juga yang make judul diawali kata cinta seprti 'cinta fitri, cinta kamila

Tahun 2012-2013
Itu banyak yang make judul diawali dengan tendangan 'tendangan si madun, tendangan dari langit'

Sinetron indonesia klo lagi buming semua ikut2an make judul trending. Novel juga kayak gitu penerbit hanya mencari naskah yang sesuai pasaran, sampai-sampai kalau judul dan cerita beda sendiri, langsung ditolak.

Selasa, 17 September 2013

3 Tahapan Dalam Cinta

Cinta itu melewati 3 tahapan diantaranya
tahapan pertama alias 1th pertama masa-masa saling mengenal sifat satu sama lain. Menyatukan perbedaan, Jika berhasil melewati maka berlanjut tahap kedua.
Tahapan kedua adalah masa-masa titik kejenuhan, munculnya orang ketiga kalau bisa melawan godaan bisa tahap akhir
tahap yang terakhir masa-masa membuktikan cinta bisa mengalahkan segalanya termasuk orang yang menentang cinta.
Kini aku mengerti mengapa cinta kita terpisah karena kita gagal melewati tahap akhir. Kita menyerah dengan keadaan. Sekarang kita dipersatukan lagi setelah sekian lama terpisah.
Aku ingin kita sama-sama berjuang menuju cinta yang abadi
#CintaKita


Kalimat di atas merupakan cuplikan di novel baruku yang berjudul Cinta Kita. Menceritakan tentang kisah nyataku, perjuangan 2 orang saling mencintai tapi terhalang oleh tembok besar. Akan banyak konflik dan menguras edmosi pembaca. Penasaran kan? Tungguin novelnya! Doain ya biar di acc mayor lagi, 

Minggu, 15 September 2013

ilmu penjiwaaan

aku pernah pernah bilang 3 hal penting JUDUL, ELIPSIS, Penjiwaan, malah disepelekan penulis.
kemaren dah bahas elipsis dan judul.
hari ini aku mau bahas penjiwaan.
naskah tanpa penjiwaan, sama aja kayak masakan tanpa bumbu, hambar. buat apa masakan presentasi bagus jika rasanya hambar?
banyak guruku bilang cara membangun penjiwaan dengan menggunakan klimat minor.
Gunakan KALIMAT MINOR ---> Ilmu dari sensei Suyatna Agustina Pamungkas Sari

- kalau hendak pake METAFORA, jangan lupakan CAUSA (kelogisan ---> pengalaman diskusi sama penulis-penulis keren

- Masukan penilaian INFORMATIF, libatkan emosi pembaca....

kalimat minor:

Mengagumkan.
------> punya kedudukan sebagai PREDIKAT. ini disebut Kalimat Minor.

Contoh dalam paragraf.
|Kota Turin yang kukunjungi sungguh tak bisa kulupakan. Bukan saja karena keindahan kotanya yang naman, bersih, juga modern. Sisi eksotismu kota yang menurutku patut dijadikan budaya klasik yang mesti dipertahankan. Mengagumkan. Itulah gambaran perasaanku mengenai kota ini.

perhatikan pula penggunaan MENGAGUMKAN dalam paragraf berikut: (ini disebut kalimat mayor)

contoh dalam paragraf:
|Saya rasa tidak perlu ragu untuk mengunjungi kota ini. Siapapun bisa saja yang menjadi warga kota ini pasti merasa bangga. Kota kecil yang dulu sempat menjadi kota terkotor ini, sekarang malah menjadi kota peraih piala Kalipataru. Peran warga kota ini juga telah membuktikan bahwa mereka bisa menjadi warga yang bisa mengagumkan nama kotanya itu keseluruh nusantara.

----> paragraf 1 : Mengagumkan. ---> satu kalimat.
----> paragraf 2 : .... menjadi warga yang bisa mengagumkan nama ... ----> satu kalimat.

kesimpulannya:
kalimat minor itu hanya terdiri satu inti pusat, posisinya bisa sebagai PREDIKAT atau SUBJEK.

Lantas apa fungsi kalimat Minor?

- bisa mengungkapkan (malah membangun) emosi pembaca.
- Menyampaikan kesan penulis dalam tulisannya.
- Penegasan utuh.

tapi bagiku, penjiwaan akan muncul bukan seberapa bagus menyusun klimat tapi seberapa jujur kita membuat naskah tersebut. JADILAH DIRI SENDIRI

Make a Wish di Hari Ulang Tahun

pukul 12 tepat waktu martapura. itu berarti usiaku genap 22 tahun. make a wishnya gak muluk2 moga emosi gak gampang meledak, gak banyak banyak masalah, ide2 di kepalaku makin bercucuran biar bisa melahirkan karya baru, naskahku di acc mayor tiap bulan, arsha house publisher terwujud, jadi penulis skenari juga dan yang penting bersatu dengan cintaku dalam sebuah pernikahan, tak ada lagi tembok yang menghalangi.

*bisa terwujud gak ya? sahabat2ku di fb bantuin doa ya? klo mau ngasih kado, traktir bakso juga boleh wkwkwkw

Faktor Sering Nggak Mood Dalam Menulis

Banyak yang ingin jadi penulis tapi mereka hanya ingin bukan untuk mewujudkannya. Alasannya macam-macam sibuk lah, gak mood nulis lah, dll. Kalian tahu gak apa yang membuat kalian gak mood menulis? Hanya ada 2 sih faktornya, yang pertama fb lebih menggoda daripada tulisan kita yang menyebabkan otak kita malas mikir dan yang kedua adalah kita gak benar-benar mencintai naskah kita sendiri. Cobalah cintai naskahmu sendiri maka naskah akan mencintaimu. Anggap, naskah itu seperti anakmu sendiri. Sesebuk apapun seorang ibu pasti menyempatkan diri untuk memerhatikan anaknya. Ibu mempunyai hati nurani tidak akan menelantarkan anaknya, begitu juga penulis. Penulis yang mempunyai hati nurani tidak akan menelantarkan naskahnya.

nulis itu gak usah banyak2, cukup 5 hal sehari. kalau sebulan kan bisa 150.
yuk nulis lawan moodmu. masa kamu dikalahkan mood?

Senin, 08 Juli 2013

Kahitna Jadi Korban Project Pop Selanjutnya

Project Pop merupakan generasi penerus dari P-Project, kelompok komedi dari Bandung. Kalau P-Project (Denny Chandra, Iszur Muchtar, Daan Aria, Joehana, Wawan, Denden, dan Iang Darmawan) memilih jalur lagu-lagu parodi atau plesetan dari lagu lain, Project Pop berbeda. Mereka membuat album komedi dengan lagu-lagu ciptaan sendiri.

Pada awal berdirinya, Project Pop beranggotakan 7 orang, yaitu Djoni Permato (Udjo), Herman Josis Mokalu (Yosi), Wahyu Rudi Astadi (Odie), Kartika Rachel Panggabean (Tika), Gumilar Nurochman (Gugum/Gummy) Muhammad Fachroni (Oon) dan Hilman.

Banyak artis yang menjadi korban project pop (Korban kekreatifitas mereka). Korban-korbannya antara lain :
1. Krisdayanti pada tahun 2004. Kalau nggak percaya dengarin lagu berjudul "pacarku superstar"
2. Vocalis-vocalis band seperti Pasha Ungu, Ariel peterpan, Noe Letto. Pada tahun 2008 kalau nggak percaya dengerin aja lagunya yang berjudul "Ku Bukan Superstar"
3. Personel Boy band, tahun 2011 juga pernah jadi korban project pop dalam lagunya berjudul "boy band cekat cekot"
4. Dan tahun 2013, Kahitna korban project pop selanjutnya. Kalau nggak percaya dengerin lagunya berjudul "Gara-gara Kahitna"

Moga-moga gue kagak pernah jadi korban project pop. (Emang gue siapa? hehehehe)