Jejak-jejak Karyaku

Jumat, 27 September 2013

Emang gampang nyari jodoh?

Setiap kali gue ke rumah nenek atau lagi kumpul ma keluarga besar pasti banyak banget, yang nanyain. berikut pertanyaan-pertanyaannya.

Nenek : "Rin, umurmu udah pas 22 kan? Kapan nikah? Tuh teman-teman SD-mu dah pada punya anak."
Tante : "Kamu masih sama Adit? Cari yang lain aja nape, banyak cowok lain."
Mama : "Cowok pada kabur pas dekat, abis mukanya judes mulu. Ada cowok kenalan juga langsung digalakin."

Gue cuma nyengir dalam hati kedumel. Alasan-alasan kenapa gue belum nikah
1. Umur gue masih 22 tahun. Emang sih di banjarmasin anak cewek umur 15 th sudah pada nikah, mereka nggak mentingin pendidikan. Gue kan BCB (BUKAN CEWEK BIASA) Gue juga masih pengen ngejar karir. 

2. Mana mungkin gue bisa gantiin posisi mas Adit, cuma dia yang ngerti gue luar dalem, nerima gue apa adanya.

3. Kenapa gue galak ma cowok waktu kenalan? Karena cowok-cowok zaman seklarang klo chat, sms, inbox isinya terlalu simpel, gak asyik dan garing pake banget. "Hay, lagi ngapain, orang mana? ujung2nya bilang own" itukan bikin gue ilfel sebelum pedekate. Kalau mau jadi cowok gue ya harus nyambung ma gue dan kreatif dikit.

Ada hikmahnya juga mereka ngasih pertanyaan2 gitu, hikmahnya itu gue tuangin ke naskah baru gue BUKAN CINTA TERLARANG. tokoh utama arsha alifia, arsha alifia itu karakternya gue banget gak suka ma cowok garing dan kreatif dan yang paling penting dia mengidolakan penyiar radio namanya alfian.

gampang kan nyari ide? ide itu ada di sekitar kita, yang kita lakukan buka mata untuk melihat ide itu.

Kamis, 26 September 2013

Nama-nama Tokoh yang ada di Novel-novel gue

Sudah ada 23 novel yang gue bikin ntah itu novel solo maupun novel kroyokan. Tentunya ada banyak pula nama orang-orang di sekitar gue yang gue pinjem namanya. Gue itu suka bikin novel tokohnya nyata, biar feelnya dapet. Siapa aja mereka? Review dulu novel-novel yang gue buat serta nama-nama tokoh yang ada di dalamnya. Ada juga penjelasan mengapa gue memakai nama2 itu.
    1. Kuntilanak gaul : Reisha, Mandala, Edward, Ashley, dll. Mengapa gue memakai nama-nama itu? karena pada saat mau garap novel gue lihat mandala sojie, di termehek-mehek, liat edward, di twiligt. Kalau Reisha, itu calon anak gue singkatan dari Ririen end pasha wkwkwk
    2. Di antara Dua Pilihan : Chella, Vhidi, Ferry dan Octo. Mengapa gue memakai nama-nama itu?Karena waktu itu gue sahabatan ma Chella, Vhidi, mereka itu anak-anak cliquers. Ditambah obrolan kita membahas Ferry dan Octo, itu lho anggota timnas. Daripada mubazir gue tunangin ke naskah
    3. Ketika Cinta Semerah darah : Arif, Sizuka, Sizuki. Mengapa gue memakai nama-nama itu? Karena gue suka nonton doraemon, kan ada sizukanya makanya gue tuangin ke naskah
    4. Love Strom in Seoul : Kiki, hyun Sang dll. Gue iseng aja sih make nama itu, abis gue bingung nyari nama korea wkwkwk
    5. Susan Ngesot : Renata, Renita, Rangga, Radit, Natasya, Rere, Rahma dll. Mengapa gue memakai nama-nama itu? Karena Waktu itu gue lagi asyik-asyiknya sahabatan ma natasya, bi jamu Desi Tri Rahmawati, makanya gue masukin ke novel biar gue selalu inget mereka. Ide susan ngesot pun dari mereka. Berhubung otak gue penuh Rangga moela, tokoh cowoknya make rangga deh
    6.  Ketika Hati Memilih Cinta : Renata, Radit, Rasya, Chika, tante Flora. Ini novel lanjutan Susan Ngesot, makanya masih make nama Renata dan Radit. Kalau nama Chika itu pemberian patnerku.
    7. Pelangi Cinta di Atas Mimpi : Friezka, Aldi, Selvie, Raihan. Friezka dan Selvie itu nama temenku di Cliquer, mereka sering rebutan Arloncy Miraldi alias oncy Ungu. Aku ambil nama Aldinya aja deh.
    8. Kukembalikan Cintamu : Ariny, Adit, ini novel kisah nyata gue jadi gue mau tokohnya ada disekitar gue. 
    9. Kamu Adalah Cintaku : Tantrini, EDward, Lucas, Iqbal. Novel ini merupakan lanjutan novel kukembalikan cintamu dan kuntilanak gaul. Terciptanya novel ini gara2 nonton twiligt dan iqbal coboy junior. Tantrini, itu nama bikinan mas adit dia pengen banget punya anak namanya Tantrini, dia kan sangat mengidolakan tantri kotak
    10. Pantaskah aku mencintainya? : Dahlia wiskasari, Arizal, Rayhan. Dahlia wiskasari itu sahabat gue yang paling narsis, Arizal cinta pertama gue yang ada di Solo, Rayhan mantan gue yang berondong. Gue bikin naskah ini karena gue kangen banget ma mereka. Siapa tahu aja kalau novel terbit terus mereka baca novelnya, mereka menghubungi gue.
    11. Bukan Cinta Terlarang : Arsha, Alfian, Anita, dll Alfian itu nama penyiar radio idola gue, suaranya menentramkan hati siapa tahu aja kalau novelnya terbit, terus dia baca dia menghubungi gue dan sadar gue lah yang selama mengidoilakannya.
    12. Kesempurnaan Cintamu dan Cinta di 7 Keajaiban Dunia : Devinta Anggraini, Adipati Dimas, Ivana, Rifky. Aku makai nama-nama itu karena mereka sahabat-sahabatku di dumay. Kebetulan aku bikin novel karakternya tentang cewek yang tergila-gila sama Adipati Dolken, pas banget Devi yang cocok meraninnya. 
    13. Misteri Hilangnya Hati Manusia dan Misteri Kematian Nien: Taufiq, Hambali, Ilham, Letnan Arief. Taufiq itu adikku, kalau yang lainnya itu temen-temennya. Aku sengaja meminjam nama mereka karena mereka bercita-cita jadi detektif. Aku ingin mewujudkan cita-cita mereka walaupun cuma di novel wkwkwk
    14. Sumpah Cinta : Gibriel Alexander, Restyani Ananda Putri, Anindya. Aku makai nama Gibriel karena waktu bikin novel itu, aku lagi ngefans sama Gibriel, pemain bola di Barito Puta. Restyani itu nama teman di Cliquers, lagi kangen aja sama dia.
    15. Cinta Tanpa Alasan : Reivan, Dita, Rahma, Rangga, Reina, Nadya. Nama-nama itu yang bikin patner novelku. Gak tau deh alasannya apa :3
    16. Kau Harus Bahagia : Airin, Arizal, Atalarik Ferbrianto. Alasannya sama seperti saat garap novel Pantaskah Aku Mencintainya? garap novel itu karena lagi kangen sama Arizal.
    17. Kau Begitu Sempurna : Adit, Arizal, Arsyadanie, Novitho, Agus, Nafi, Izzah, Taufiq. Mereka semua sahabat-sahabatku waktu SD Al-amin. Ini novel kisah nyataku jadi aku melibatkan semua orang-orang yang berarti dalam hidupku.
    18. Playboy Ingin Setia : Nandira Gunawan, Nadila maharani, Desi, Nandira itu temen penulisku, dia dijuluki playboy. Nadilla itu cuma nama karangan gue aja sih, biar klop jadi saudara kembar Nandira. Desi temen penulisku juga, dia yang menjuluki Nandira dengan sebutan playboy.
    19. Sandiwara Cinta : Keyzia Anastasya, Rasya, Jonathan, Silvia. Semua itu cuma nama-nama karanganku doang kok. Eh tapi kalo Rasya itu kan beneran ada yaitu anak tante Tamara. Aku minjem nama dia karena lagi ngefans bingits sama Rasya.
    20. Mr. Boros Kepentok Cinta Miss Perhitungan : Radith, Andhini Maharani, Andhina Rosalia, Dhanu Atmaja, Citra. Radith itu mantan gebetanku yang memiliki sifat boros. Andhanu dan Andhina anaknya Radith, novel ini tercipta gara-gara kehadirannya dalam hidupku.  
    21. Malaikat Patah Hati : Risma Nabila, Arya Bima, Bastian, Felis. Nama Risma itu nama sohibku,. Bima nama pembimbing novelku yang udah nggak ada. Bastian nama cowoknya Risma. Felis itu temenku dan temen Risma juga
    22. Renuni Mantan : Mikayla Gempita Berliana, Ariendra Yusuf Pratama, Aqillah intania. Nama-nama itu aku ambil dari gabungan nama anak-anak artis. Mikayla itu nama anaknya Nia ramadhani&ricky harun. Gempita, anaknya gading gisel. Ariendra-anaknya mas dude harlino. Yusuf, anaknya boy hamzah, Aqilah-anaknya ayu dewi
    23. 7 Misteri di Korea. Novel ini sekuel dari novel Cinta di Tujuh Keajaiban Dunia dan Misteri Kematian Nien. Nama tokohnya masih : Adipati dimas, devinta anggraini, taufiq, hambali, ilham.
    24. Kacamata Kematian : Arsyil Langit Ramadhan, Arshita Bintang Oktarina. Arsyil itu nama belakang idolaku era tahun 2014 *nunjuk andi arsyil. Langit itu ngambil nama belakang 'rajo langit' di sinetron 7 manusia harimau. Arshita, asal aja sih. Suka nama itu mirip ma arsyil. Arsyil-arshita ke dengerannya cocok  disatuin
  1.  
    1. Sebenarnya masih banyak lagi sih, tapi tangan gue pegel ngetiknya wkwkwk

Memerhatikan Persinetronan Indonesia

Tahun 90an judul2 sinetron itu banyak yang awalannya make kata 'TER' seperti tersayang, tersanjung
Banyak juga yang make kata hubung 'dan' sperti "tuyul dan mbak yul, jin dan jun'

Tahun 2004-2005 banyak yang make judul memakai kata perhiasan seperti 'liontin, cincin'
Banyak juga yang memakai judul diambil dari dongeng seperti ' bawang merah bawang putih, cinderella,'

Tahun 2006-2009 judul2 sinetron banyak yang memakai nama tokoh utama seperti 'solehah, dan, intan, olivia, khanza dll'
Ada juga yang make judul diawali kata cinta seprti 'cinta fitri, cinta kamila

Tahun 2012-2013
Itu banyak yang make judul diawali dengan tendangan 'tendangan si madun, tendangan dari langit'

Sinetron indonesia klo lagi buming semua ikut2an make judul trending. Novel juga kayak gitu penerbit hanya mencari naskah yang sesuai pasaran, sampai-sampai kalau judul dan cerita beda sendiri, langsung ditolak.

Selasa, 17 September 2013

3 Tahapan Dalam Cinta

Cinta itu melewati 3 tahapan diantaranya
tahapan pertama alias 1th pertama masa-masa saling mengenal sifat satu sama lain. Menyatukan perbedaan, Jika berhasil melewati maka berlanjut tahap kedua.
Tahapan kedua adalah masa-masa titik kejenuhan, munculnya orang ketiga kalau bisa melawan godaan bisa tahap akhir
tahap yang terakhir masa-masa membuktikan cinta bisa mengalahkan segalanya termasuk orang yang menentang cinta.
Kini aku mengerti mengapa cinta kita terpisah karena kita gagal melewati tahap akhir. Kita menyerah dengan keadaan. Sekarang kita dipersatukan lagi setelah sekian lama terpisah.
Aku ingin kita sama-sama berjuang menuju cinta yang abadi
#CintaKita


Kalimat di atas merupakan cuplikan di novel baruku yang berjudul Cinta Kita. Menceritakan tentang kisah nyataku, perjuangan 2 orang saling mencintai tapi terhalang oleh tembok besar. Akan banyak konflik dan menguras edmosi pembaca. Penasaran kan? Tungguin novelnya! Doain ya biar di acc mayor lagi, 

Minggu, 15 September 2013

ilmu penjiwaaan

aku pernah pernah bilang 3 hal penting JUDUL, ELIPSIS, Penjiwaan, malah disepelekan penulis.
kemaren dah bahas elipsis dan judul.
hari ini aku mau bahas penjiwaan.
naskah tanpa penjiwaan, sama aja kayak masakan tanpa bumbu, hambar. buat apa masakan presentasi bagus jika rasanya hambar?
banyak guruku bilang cara membangun penjiwaan dengan menggunakan klimat minor.
Gunakan KALIMAT MINOR ---> Ilmu dari sensei Suyatna Agustina Pamungkas Sari

- kalau hendak pake METAFORA, jangan lupakan CAUSA (kelogisan ---> pengalaman diskusi sama penulis-penulis keren

- Masukan penilaian INFORMATIF, libatkan emosi pembaca....

kalimat minor:

Mengagumkan.
------> punya kedudukan sebagai PREDIKAT. ini disebut Kalimat Minor.

Contoh dalam paragraf.
|Kota Turin yang kukunjungi sungguh tak bisa kulupakan. Bukan saja karena keindahan kotanya yang naman, bersih, juga modern. Sisi eksotismu kota yang menurutku patut dijadikan budaya klasik yang mesti dipertahankan. Mengagumkan. Itulah gambaran perasaanku mengenai kota ini.

perhatikan pula penggunaan MENGAGUMKAN dalam paragraf berikut: (ini disebut kalimat mayor)

contoh dalam paragraf:
|Saya rasa tidak perlu ragu untuk mengunjungi kota ini. Siapapun bisa saja yang menjadi warga kota ini pasti merasa bangga. Kota kecil yang dulu sempat menjadi kota terkotor ini, sekarang malah menjadi kota peraih piala Kalipataru. Peran warga kota ini juga telah membuktikan bahwa mereka bisa menjadi warga yang bisa mengagumkan nama kotanya itu keseluruh nusantara.

----> paragraf 1 : Mengagumkan. ---> satu kalimat.
----> paragraf 2 : .... menjadi warga yang bisa mengagumkan nama ... ----> satu kalimat.

kesimpulannya:
kalimat minor itu hanya terdiri satu inti pusat, posisinya bisa sebagai PREDIKAT atau SUBJEK.

Lantas apa fungsi kalimat Minor?

- bisa mengungkapkan (malah membangun) emosi pembaca.
- Menyampaikan kesan penulis dalam tulisannya.
- Penegasan utuh.

tapi bagiku, penjiwaan akan muncul bukan seberapa bagus menyusun klimat tapi seberapa jujur kita membuat naskah tersebut. JADILAH DIRI SENDIRI

Make a Wish di Hari Ulang Tahun

pukul 12 tepat waktu martapura. itu berarti usiaku genap 22 tahun. make a wishnya gak muluk2 moga emosi gak gampang meledak, gak banyak banyak masalah, ide2 di kepalaku makin bercucuran biar bisa melahirkan karya baru, naskahku di acc mayor tiap bulan, arsha house publisher terwujud, jadi penulis skenari juga dan yang penting bersatu dengan cintaku dalam sebuah pernikahan, tak ada lagi tembok yang menghalangi.

*bisa terwujud gak ya? sahabat2ku di fb bantuin doa ya? klo mau ngasih kado, traktir bakso juga boleh wkwkwkw

Faktor Sering Nggak Mood Dalam Menulis

Banyak yang ingin jadi penulis tapi mereka hanya ingin bukan untuk mewujudkannya. Alasannya macam-macam sibuk lah, gak mood nulis lah, dll. Kalian tahu gak apa yang membuat kalian gak mood menulis? Hanya ada 2 sih faktornya, yang pertama fb lebih menggoda daripada tulisan kita yang menyebabkan otak kita malas mikir dan yang kedua adalah kita gak benar-benar mencintai naskah kita sendiri. Cobalah cintai naskahmu sendiri maka naskah akan mencintaimu. Anggap, naskah itu seperti anakmu sendiri. Sesebuk apapun seorang ibu pasti menyempatkan diri untuk memerhatikan anaknya. Ibu mempunyai hati nurani tidak akan menelantarkan anaknya, begitu juga penulis. Penulis yang mempunyai hati nurani tidak akan menelantarkan naskahnya.

nulis itu gak usah banyak2, cukup 5 hal sehari. kalau sebulan kan bisa 150.
yuk nulis lawan moodmu. masa kamu dikalahkan mood?