Jejak-jejak Karyaku

Rabu, 27 November 2013

Perjalanan Hidup Gue di Tahun 2013 Beserta Harapan di tahun 2014.

Wah, hari cepat banget berlalu tanpa terasa kurang lebih masuk tahun 2014. Selama tahun 2013 banyak banget kejadian yang gue lalui. Di tahun 2013 ada 2 hal yang membahagiakan.
1. Kedua Novel gue terbit di tahun 2013
2. Arsha Cellprint, (usaha konter dan percetakan foto) terwujud hasil novel.
3. Buku antologi Selayang mimpi masuk di Festival Pembaca Indonesia yang diadain  oleh Goodread

Namanya hidup ada bahagia pasti ada sedihnya. Begitu pula hidup gue. Gue juga mengalami beberapa kasus di tahun 2013. Antara Lain :
1. Berantem sama sahAbatku yang berinisial R.
2. Kasus buku Memeluk Luka
3. Kasus ISBN Palsu di tempatku bekerja
4. Berantem sama teman inisial L.

Gue akui sih kasus 1, 2, dan 4 muncul karena sifat gue yang ceroboh, gak bisa nahan emosi, dan ceplas ceplos. Berharap tahun 2014 gue bisa mengendalikan diri. Eits, selain itu gue juga punya banyak harapan diantaranya :
1. Novel go internasional.
2. Bisa mewujudkan mimpi buka penerbitan mayor yang diberi nama "Arsha Publishing House"
3. Buka Arsha Butik
4. MENIKAH

perasaan dari tahun ke tahun harapan yang belum pernah gue wujutin sampai sekarang adalah MENIKAH. (abis belum nemuin pangeran yang pas di hati). Doain aja biar gue cepat nemuin yang cocok. hihihi

Jumat, 22 November 2013

Tips Menulis Ala Gue

Banyak yang ingin jadi penulis tapi mereka hanya ingin bukan untuk mewujudkannya. Alasannya macam-macam sibuk lah, gak mood nulis lah, dll. Kalian tahu gak apa yang membuat kalian gak mood menulis? Hanya ada 2 sih faktornya, yang pertama fb lebih menggoda daripada tulisan kita yang menyebabkan otak kita malas mikir dan yang kedua adalah kita gak benar-benar mencintai naskah kita sendiri. Cobalah cintai naskahmu sendiri maka naskah akan mencintaimu. Anggap, naskah itu seperti anakmu sendiri. Sesebuk apapun seorang ibu pasti menyempatkan diri untuk memerhatikan anaknya. Ibu mempunyai hati nurani tidak akan menelantarkan anaknya, begitu juga penulis. Penulis yang mempunyai hati nurani tidak akan menelantarkan naskahnya.

nulis itu gak usah banyak2, cukup 5 hal sehari. kalau sebulan kan bisa 150.
yuk nulis lawan moodmu. masa kamu dikalahkan mood?


banyak yang nanya kayak gini " apa sih resep produktif kamu rin? lancar bgt dpt idenya?'"

Bagi gue ide itu sama seperti jodoh. Nggak usah dicari dia akan datang sendiri.  Yang harus kamu lakukan adalah membuka mata, telinga dan pikiran untuk menyambut kedatangan ide.
Membuka mata dan telinga adalah amati kasus-kasus orang di sekitarmu. Dengarkan curhatan teman-temanmu. Semua itu bisa dijadikan novel lho, true story dicampur dengan fiksi. Kayak novelku Kukembalikan Cintamu, dan masih banyak lagi.

Membuka pikiran lebih tepatnya merangsang otak kali ya? Ide segar terkadang perlu rangsangan. Rangsangannya itu memakai teknik idiom spontan (ilmu yang pernah diajarkan mamah Fitria Pratnasari) Apa sih idiom spontan itu? Idiom spontan teknik menulis menggunakan otak kanan atau secara spontan. Caranya amati benda di sekitarmu? Sebutkan 1 kata kerja dan kata sifat. Misalnya TELOR, JAGA WARUNG, BAU. bikin 3 kata tersebut jadi kalimat tapi bikinnya secara spontan, Saat aku menjaga warung milik bunda tercinta, tiba-tiba aku mencium bau busuk. Apakah itu telur busuk? 
Dari 3 kata itu bisa kamu kembangin lagi jadi novel. Tentunya kamu tambahin kasus/konflik. Misalnya ada cowok ganteng mampir ke warungmu, kamu terpesona hingga akhirnya kamu jadian sama tu cowok tapi sayangnya cowok itu dah punya istri. 
Pada akhirnya 3 kata bisa menjadi 1 novel 100 hal. Menulis itu mudah kan? Yuk, mulai menulis!

Selasa, 19 November 2013

Hal-hal Yang bikin cewek ilfell duluan saat PEDEKATE sama cowok.

Buat cowok-cowok yang ingin pedekate sama cewek kudu plus wajib menghindari hal-hal yang bikin cewek ilfell duluan. Kalau cewek sudah ilfell duluan kesempatan kamu buat mendapatkan cintanya semakin menipis. Nih, gue kasih tahu hal-hal yang bikin cewek ilfell duluan saat pedekate.

1. Cewek nggak suka cowok pelit kata2 "hi, met malam" dan keponya garing "dah makan lum? umurnya berapa? dll" so, kalau mau pedekate sama cewek jadilah cowok yang asyik, kreatif, bikin cewek itu merasa nyaman berhubungan sama kamu.

2. Cewek juga nggak suka baru beberapa jam kenalan sudah diajakin ketemuan. Halo, emang kenal harus ketemu? Cowok kalau ngajakin ketemuan itu kesan nggak baiknya kelihatan. Bukankah cowok yang baik itu kalau mau ketemu cewek harus menemui ayahnya dulu?

3. Cewek nggak suka cowok nggak modal. Masa makan aja minta dibayarin cewek? Hari gini cowok nggak modal? Capek deh! Nih, ya kalau cowok nggak modal cewek langsung mikir "makan aja nggak sanggup bayar, gimana ntar klo gue nikah sama dia? Bakal sengsara gue."

Minggu, 17 November 2013

Profil lengkapku.

Berhubung di we chat, sms banyak banget yang kepo alias banyak nanya. Nih, gue bikinin profil lengkap gue. Tapi profilnya kayak KTP ya.




DATA PRIBADI

1. Nama Lengkap : Ariny Nurul Haq

2. Tempat, Tanggal Lahir : Surakarta, 16 September 1991

3. Domisili :
Jl. Martapura lama Rt.02 Rw. 01. Desa keramat baru, martapura timur kalsel 70619.
4. Jenis Kelamin : Perempuan

5. Agama : Islam

6. Status : belum menikah


7. Pekerjaan Sehari-hari  : Mengetik novel, edit naskah, ngurus Arsha cellprint (usaha cetak foto plus konter)
8. Makanan favorit  : Bakso and nasi goreng
9. Minuman favorit  : Es teh, kopi susu, dan lain-lain pokoknya minuman yang halal
10. Film favorit       ; horor and romance
11. Penulis Favorit  : Fitria Pratnasari, Habiburrahman, Alieazalea, Stephanie Zen, Mira W dan tante Mara GD.
12. Tipe cowok idaman  : bibirnya sexy, smart, baik hati, penyabar, setia, dan pastinya bisa menerima kekuranganku.
13. Novel-novel yang pernah kugarap : kuntilanak gaul, Di antara Dua Pilihan, Ketika Cinta Semerah darah, Love Strom in Seoul, Susan ngesot, Ketika Hati Merelakan Cinta dan kukembalikan Cintamu.

14.. Telepon : 085654910277

15. e-mail : Arinymoela@ymail.com

16. Facebook : "Ririen Narsisabiz Pashaholic"
17. Twitter      : @airin_napasha
18. We chat    : Ariny_NH









RIWAYAT PENDIDIKAN

1. (2003) Lulus SD Al-Amin Surakarta

2. (2006) Lulus MTS. Puteri Al-Amin Pasayangan

3. (2009) Lulus MA. Puteri Al-Amin Pasayangan



PENGALAMAN KERJA

1. Bekerja di Penerbit Goresan Pena

· Periode : Oktober 2012 - sekarang

· Posisi : Editor

Sabtu, 16 November 2013

Penerbit Yang PHP itu

PHP, Hanya 3 huruf tapi 3 huruf tersebut nggak asing lagi di telinga kita. Hampir seluruh remaja zaman sekarang selalu dikit-dikit nyebutin PHP. Bagi yang belum tahu apa sih PHP itu? PHP adalah singkatan dari PEMBERI HARAPAN PALSU. Nah, penulis juga banyak ketularan sydrom PHP. Baru 2,5 bulan kirim naskah ke mayor labels udah kebakaran jenggot dan update status di fb isinya "huwaaaaaaa... naskah gue di-PHP-in penerbit mayor"
Gue cuma bisa ngikik bacanya. Nih, ya gue kasih tahu mayor labels lama ngasih kabar naskah itu wajar dan TIDAK TERMASUK PENERBIT PHP. namanya juga mayor labels 1 bulan ada 50 naskah yang masuk.
Sedangkan penerbit PHP itu .... misalnya di sebuah blog penerbit tertulis menerima naskah fiksi dewasa atau remaja tapi pas kirim lansung ditolak alasannya "maaf ya saat ini kami hanya menerima naskah terjemahan" itu baru PHP, ngasih harapan palsu ke penulis. kalau emang nggak nerima naskah fiksi harusnya di web/blog tertulis "HANYA MENERIMA NASKAH TERJEMAHAN"
nah, udah tahu kan penerbit PHP itu yang kayak gimana? so, jangan lagi dikit2 bilang naskahku di php-in penerbit.

Jumat, 15 November 2013

Perjalanan gue dalam merintis karir di dunia kepenulisan

Hallo, blogger. Ririen yang cute datang lagi. Kali ini gue mau bercerita bin mendongeng tentang perjalanan gue dalam merintis karir di dunia kepenulisan.

Menulis itu bukan pekerjaan sia-sia tapi pekerjaan yang memerlukan ekstra kesabaran. Kayak gue mewujudkan mimpi jadi penulis yang benar-benar bukanlah hal yang mudah. Banyak asam, asin dan pahit pernah gue lalui.

Gue suka dunia ke penulisan sebenarnya sudah dari SD, waktu itu aku berlangganan majalah bobo. Setiap lihat cerpen di majalah, gue sering berkata "bisa nggak ya kelak aku jadi penulis cerpen?" tapi sayang, gue sama sekali buta tentang gimana caranya kirim naskah ke media. waktu itu belum ada pc juga.
Lama melupakan mimpi jadi penulis, gue fokus sekolah dulu.
Waktu tahun 2010 gue iseng-iseng nulis cerbung fanfiction tokoh utamanya itu personel ungu. Itu tulisannya masih amburadul pakek banget plus sama sekali nggak makek EyD. Tapi anehnya teman2 fb gue banyak yang suka kata mereka, "Cerbungnya keren dijadikan novel aja." sejak itu muncul lagi hasrat ingin jadi penulis.

Gue mulai rajin baca2 cerbung orang dan bertemulah dengan mamah Fitria Pratnasari. Beliau mencemplungkan gue ke grup PGC, di situ gue dibimbing dan banyak dapet ilmu tentang kepenulisan.
tahun 2012 gue mulai coba bikin novel. Berhubung gue masih belum sanggup nulis 100 hal aku mengajakin 2 orang sahabat untuk garap novel bareng. Novel pertama yang kugarap KCSD, novel itu ditolak 3 kali lebih.
Nggak puas cuma berguru 1 orang. Gue nyari guru lagi, terus masuk ke grup2 kepenulisan yang lain. Grup setelah PGC, yang gue masukin itu Inspirasiku dan antologi es campur. Di sana gue tahu tentang penerbitan indie dan mulai mengikuti event2 penerbitan indie. Buku antologi pertama "Cerminku bicara" hasil event fiksi mini inspirasiku. Gue juga sempat mikir, "novel gue daripada ngendep di pc mending terbitin di indie aja kali ya?" gue rundingin ke patner, mereka setuju. Bulan Oktober novel KCSD terbit di GP Publishing. Kebetulan penerbitannya baru dan paket penerbitannya gratis.


Ditolak bikin lagi sampai akhirnya novel ke 6, semuanya ditolak mayor dan berakhir terbit di penerbit indie. Aku sempat depresi dan nyaris menyerah. Jelaslah gue nyaris nyerah, 6 novel 1 buku paling terjual 5 eks. mamaku ngomel "ngapain sih lu jadi penulis? Nggak jadi duit. mending lu kawin. jelas hidup lu terjamin."
 Gue jawab, "Iya, Ririen akan novel dah mejeng di gramedia."
dalam hati gue ngomong, "Iya, kalo mejeng di gramed kalau nggak? Gue nggak kawin-kawin? 6 novel aja ditolak mulu."
gue jadi penasaran Kenapa ya novel gue ditolak mulu? 6 novel, gue harus menerima 25 kali penolakan penerbit. 1 novel ditolak 5 kali, padahal udah bolak balik gue revisi.

kata teman gue perbanyaklah membaca buku. Di sinilah kesulitannya, bukannya gue gak mau beli dan menghargai karya orang tapi di martapura nggak ada gramedia. adanya di banjarmasin, ke BJM perlu biaya 200 rb. Kalau beli buku lewat online lebih mahal ongkir. Bahkan penjualnya pada ngotot jasa pengiriman lewat JNE, padahal lewat pos lebih murah.

Gue berinisiatif lain, yaitu baca E-book. Ebook yang gue baca novel2nya tante Mara GD, MIRA W, and novel2 tema pernikahan. Gue tertarik, "kalau gue pindah genre seru kali ya?" kebetulan akhir desember 2012, mantanku bilang "Rin, perjalanan cinta kita dijadikan novel dong? Biar anak cucu kita bisa baca"

perjalanan cinta gue ribet sama kayak perjalanan karir gue. Cinta nggak direstui, gue jadiin novel tapi dicampur dengan fiksi, endingnya gue ubah. soalnya klo endingnya nyata sampai sekarang gantung wkwkwk. Itu novel gue coba2 kirim ke kino media WA. Gue nggak yakin sebab naskah gue pernah ditolak KWA 8 kali. Tapi di luar dugaan bulan maret 2013 naskah gue malah di acc KWA, bulan Juni terbit dan beredar di gramedia.

                                                               Foto novel gue mejeng di gramed

Dari sini gue belajar penulis itu sama kayak seorang ibu yang mau melahirkan anaknya. Kelihatan mudah tapi prosesnya panjang. Jangan mikirin duit dulu. Yang penting memperbaiki kualias karya. Cara memperbaiki kualitas karya rajin2 membaca, gabung ke grup kepenulisan, amalkan ilmu2 yang ada di grup2 tersebut, dan paling penting seting2 buka kamus bahasa Indonesia. Terkadang kesuksesan bisa kita raih ketika kita nyaris menyerah. Kalau kamu menyerah maka nggak akan sukses.

Udah dulu ya ceritanya. Tangan gue capek ngetik! Buat teman2 yang mau jadi penulis 1 hal yang harus kalian tahu jadi penulis ngggak langsung dapet duit. Prinsipnya cuma 1 jangan menyerah! Rasa capek menulis akan hilang dalam sekejap ketika melihat novel mejeng di gramedia.



Jumat, 08 November 2013

Alhamdulillah, buku antologi puisiku "Selayang Mimpi" masuk nominasi di FPI 2013

Hari ini gue Seneng bin bahagia soalnya dapat kabar tak terduga. Sore-sore abis mandi gue langsung online. Eh, ada inbox masuk. Karena penasaran gue klik inbox tersebut. Inbox tersebut isinya "Selamat ya mbak buku kumsinya masuk nominasi di Festival pembaca indonesia, ajang yang di adain oleh goodreads"
Aku bingung, buku puisi yang mana coba? buku kumsiku kan banyak. "Buku puisi yang mana?" tanyaku pada orang yang mengirim inbox.
dia membalasnya "Selayang mimpi"
"Ah, masa sih? boleh minta linknya?" ujarku tak percaya dengan apa yang ia ucapkan. Dalam waktu beberapa menit dia mengirimkan link  http://festivalpembacaindonesia.com/2013/11/04/polling-anugerah-pembaca-indonesia-2013-longlist-tahap-i/

karena penasaran tingkat tinggi gue langsung klik link tersebut. Untung modemku lagi waras jadi cepat aja ke buka. eng ... i... eng mata gue terbelalak melihat postingan yang ada di link tersebut. judul2 novel yang masuk di link tersebut hanya milik penulis2 yang kece badai kayak Tere liye, Ilana tan, Winna effendi, dll
begitu liat kategori puisi FPI, buku selayang mimpi beneran nangkring di sana.
aku bingung kok bukuku bisa masuk ya? gue cari informasi, katanya setiap tahun panitia mencari buku2 yang layak masuk nominasi. nah, buku bisa masuk nominasi karena ada yang mengusulkan dan memenuhi syarat. syaratnya itu penjualannya bagus. pokoknya kebahagian gue dobel.

nah, bagi teman2 mohon vote buku selayang mimpi ya di link 
http://festivalpembacaindonesia.com/2013/11/04/polling-anugerah-pembaca-indonesia-2013-longlist-tahap-i/ 
 
yang vote gue doain dapet jodoh yang terbaik