Jejak-jejak Karyaku

Selasa, 30 Agustus 2016

Open PO Novel Baruku Duet sama Mbak Nenny Makmun

Yuk order!



Judul : Pengantin Galau
Tagline : Setengah Hatiku Tertinggal di Solo
Harga : Rp. 45.000,- (hanya sampai tanggal 16 Sept)
Tebal : 221 hal           
Pemesanan :               
Sms ke nomor 085654910277 ketik PG-NAMA LENGKAP-ALAMAT LENGKAP- NO. HP-JUMLAH PESANAN Bisa juga melalui BBM 7D0AD896, atau inbox fp Ariny NH

Minggu, 28 Agustus 2016

Pertanyaan-pertanyaan yang Sering Muncul di Inbox-ku



Sejak masuk Hitam Putih banyak banget pertanyaan yang masuk di inbox-ku, baik inbox beneran maupun masuk inbox spam. Pertanyaan mereka rata-rata hampir sama. Tanganku pegel ngejawab pertanyaan yang sama, maka dariku aku menjawab semua pertanyaanmu di postingan blog ini aja.
            So, buat kamu yang pengen kepoin aku juga wajib baca postingan ini. Jika pertanyaanmu sudah tertulis, dijamin inboxmu nggak akan kujawab. Langsung aja ya cekidot! BACA SAMPAI HABIS.
            X : Kakak, aku pengen jadi penulis kayak Kak Ariny tapi nggak tau caranya. Ajarin aku jadi penulis dong!
            Y : Kalau ngajarin kamu dari awal, aku lambaikan tangan ke kamera. Belajar menulis sudah diajarkan guru Bahasa Indonesia sejak SD kelas 1. Kamu lupa atau nggak pernah merhatiin pelajaran Bahasa Indonesia. Kalau mau jadi penulis ya kudu rajin membaca. Aku aja dulu belajarnya dari buku, mbah google dan grup-grup penulisan di fb.
            X : Kakak, aku pengen jadi penulis biar bisa menghasilkan uang.
            Y : Belum apa-apa dah mikirin uang. Sah-sah aja sih kalau penulis targetnya buat dapet duit. Tapi jika uang tujuan utamamu, kamu siap-siap kecewa. Semua penulis nggak ada yang langsung dapet duit. Kudu berjuang dulu.
            X : Kakak, aku punya novel tapi gak tau cara kirim naskah ke penerbit.
            Y : Kamu mau penerbit mayor or indie? Klo mayor silakan klik www.arinynurulhaq91.blogspot.com pilih entri populer sebelah kiri. Di sana lengkap daftar mayor label seluruh indonesia. Tapi kamu kudu siap-siap ditolak dan PHP-in. Penerbit mayor sekarang banyak yang nyetop penerimaan naskah.
            X :  Kakak, biasanya aku kalau nulis novel di tengah jalan pasti mandek. Gimana solusinya?
            Y : Pertanyaanmu sudah aku jawab di buku “1 Bulan 1 Novel? Siapa Takut!” di buku itu memberikan solusi 10 kendala yang dihadapi penulis pemula.  
            X : Kakak, bacain dan koreksiin cerpenku dong please.
            Y : Sori, aku nggalk demen baca cerpen. Lagi fokus ngoreksi novel. Kalau kamu pengen minta koment dariku kamu bikin novel terus kirim ke arsha.creative2016@yahoo.com. Cerpenmu kirim ke bedah cerpen yang biasa diadakan grup-grup kepenulisan di fb aja. Aku juga dulu kayak gitu.
            X : Kakak, aku mau nerbitin di Arsha teen bisa gratis nggak?
            Y : Bisa. Tapi kamu harus punya novel yang pernah diterbitkan di mayor minimal 3 kali. Kalau mau nerbitin kumcer, kudu ada 5 cerpen yang udah dimuat di media cetak.
            X : Kak Ariny butuh editor? Aku mau jadi editor  buat Arsha Teen.
            Y : Dari awal berdiri AT, visi & misinya bukan Cuma menerbitkan karya tapi juga membimbing penulis menghasilkan karya yang keren ke depannya. Aku nggak butuh editor, butuhnya pembantai naskah. Biar penulis tau kesalahan naskahnya. Sayangnya aku dah punya 7 orang pembantai naskah.
            X : Kak Ariny kok kuat banget sih menerima penolakan sebanyak 50 kali?
            Y : Itu semua karena cinta pertama #eaaaa :v
            Sementara segitu dulu deh. Kalau ada pertanyaan selain yang tertulis di atas, silakan koment. Nanti aku jawab di postingan berikutnya. Tapi awas aja kalau kepo, “Kapan Nikah?” :v Thanks dah baca ;postingan ini.

Sabtu, 20 Agustus 2016

Masalah Membuatmu Naik Level





Tahun 2016 banyak yang mengatakan aku lagi tokcer alias tahun keberuntungan buatku. Pasalnya bulan Mei 2016 ke Jakarta menerima penghargaan anugerah telkomsel 2016, eh bulan Agustus terbang ke Jakarta lagi karena diundang ke Hitam Putih.
            Banyak yang nyinyir, “Wah, enak banget lo sekarang makin sukses. Blabla ...”
            Suksesnya aku baru tahun ini, sedangkan aku harus nerima kengenesan sejak SD. Kali ini aku nggak ingin membi carakan kengenesanku sejak SD, karena sudah kutulis di novel #KauBegituSempurna. Aku ingin berbagi kisah kengenesanku di dunia literasi.
            Seperti yang aku bilang tiap diliput wartawan koran atau tivi, aku menerima penolakan mayor label 50 kali. Padahal selain itu masih banyak kengenesanku di dunia literasi. Di antaranya :

Kamis, 04 Agustus 2016

OPEN PO NOVEL HASIL TANTANGAN MENULIS ARSHA TEEN



Judul : Kucing Emas
Penulis : Rizky Kurniawan
Tebal : 220 hal.        
ISBN : 978-602-74916-1-8
Harga : Rp. 38.000,- (harga umum)
Pemesanan :                                    

Rabu, 03 Agustus 2016

New Book : Peramal Kriminal (Novel)



Open PO
Judul : Peramal Kriminal
Penulis : Rafi Izam
Tebal : 297 hal.
ISBN : 978-602-74916-2-5
Harga : Rp. 51.000,- (harga umum)
Klo penulisnya yang beli Rp. 30.000,-
Pemesanan :               
Sms ke nomor 085654910277 ketik PR-NAMA LENGKAP-ALAMAT LENGKAP- NO. HP-JUMLAH PESANAN Bisa juga melalui BBM 7D0AD896, atau inbox fp Ariny NH

Blurb :
                                             
Sesuai namanya, Peramal Kriminal adalah sistem untuk meramalkan kriminal yang akan datang. Tempat, waktu, maupun jenis kriminal diramalkan secara akurat. Tapi salah satu kelompok teroris hendak mematikan sistem itu, untuk melancarkan aksi teror pertama dan meruntuhkan ISEU demi melancarkan pergerakan revolusi.
ISEU adalah unit keamanan elit yang dipimpin oleh Dicky. Dia yang mengatur strategi pertahanan dan mengendalikan sistem tersebut. Sejak dia gagal dalam kasus perampokan Bank Republik, dia pun mengundurkan diri. Posisinya digantikan oleh Arnold.
Satu persatu kesialan muncul di hidup Dicky. Mulai dari dilecehkan orang, rumahnya kebakaran, nyaris dibunuh orang, bahkan kekasih yang sangat dicintainya diculik untuk dijadikan jaminan.
Sulaiman datang untuk mengungkap siapa dalang di balik kesialan hidup Dicky.

Selasa, 02 Agustus 2016

Kasus antara Ami, Juan dan beberapa penerbit abal-abal



Di facebook aku  banyak berteman dengan penerbit mayor. Pada tanggal 1 April 2016 aku lihat postingan Penerbit Rumah Kreatif yang mencari naskah yang diterbitkan secara mayor. Karena aku banyak punya naskah, aku iseng kirim ke sana. Naskah yang kukirim adalah novel Cinta pertama atau pacar pertama (KBS season 2) dan September Wish . Ajaibnya tanggal 3 april admin FB RK inboxku , katanya naskahku acc. Cinta Pertama make royalty, September Wish make Jual putus. Jelas aja aku senang.
Tanggal 5 April naskahku yang di acc itu covernya dah jadi. Yang bikincover Ami Wulandari. Agak aneh sih mayor proses secepat itu. Terlebih cover udah ada mou lum dikirim. 2 Novelku di mayor lain satu tahun lebih nggak jelas kapan terbit. Penampakan cover pun kagak muncul-muncul.  Tapi coba berbaik sangka aja. Aku desak admin RK buat kirim mou. Tanggal 15 april aku ditelpon Juan Ganesha, head in editor RK katanya minta maaf atas keterlambatan kirim mou. Sore harinya Mou dikirim lewat email.