Jejak-jejak Karyaku

Wednesday, July 8, 2020

Kamu Mau Bisnis Penerbitan? Harus Siapkan 3 Hal Utama ini!

Makin ke sini gue makin banya konsultasi kek gini. "Bu kos, aku mau buka penerbitan. Gimana caranya?"
Jawaban gue selalu sama. "Niat lu bangun penerbitan apa? Kalau sekadar ikut-ikutan orang mending jangan."

 Gue bukan ngehalangi lu sukses, gue nggak mau lu anget-anget tai ayam. Bisnis kalau hanya sekadar ikut-ikutan orang, yakin deh nggak akan bertahan lama. Bisnis penerbitan tanggung jawabnya besar dan nggak sesimpel di Wattpad.


Ngurus "editing, layout dan cover" aja walau bisa dikerjakan oleh karyawan, tapi CEO juga mesti kerja ngurus ngecek semua itu. Udah pas belum sebelum kirim ke percetakan? Kalau CEO-nya masih buta soal 3 itu dijamin deh ntar tau2 bakal dijapri percetakan, "Mbak, layoutannya jelek. Kepotong pinggir. Mbak, cover pecah. Mbak ukurannya nggak pas."

 Itu baru layout dan cover. Kalau soal editing, ceo kalau nulis aja masih keseleo di+kata tempat, di+kata kerja abis lu dibantai bookreview terbitan lu. Terbitan AT aja masih banyak ngehujat gegara tipo 🤣🤣🤣 Belum lagi kalau nemu author yang bawelnya nauzubillah minta revisi beberapa kali 🤣🤣🤣

 Itu baru isi. Lanjutnya gue akan beberin problem di percetakan. Kadang tuh sering kirim buku kurang lah, ketinggalan pembatas lah. Gue pernah nangis-nangis gegara dimaki-maki author buku ketinggalan. Percetakan salah nempel alamat 🥺🥺🥺

 Itu baru yang rutin terjadi. Belum lagi soal kasus besar kek penerbit lu nggak sengaja nerbitin hasil plagiat. Abis lu dihujat. Terus terbitanmu dibajak di Shopee, penulis pasti minta tindakan pertanggungjawaban penerbit Dan masih banyak lagi drama-drama penerbitan dan percetakan. Lu siap menghadapi itu semua?

Gue aja nih yang udah otw 6 tahun jadi CEO AT. Bolak balik pengen ganti CEO. Bolak balik ngeluh "aku capek. Gantiin aku jadi ceo dong." Sialnya, yang gue tunjuk gantiin gue nolak mandat 🤣🤣🤣.

 Jadi intinya adalah bisnis nggak bisa sekadar ikut-ikutan orang. Sebelum lu memutuskan bangun bisnis penerbitan, lu harus siapkan 3 hal utama. Mental yang tangguh, ilmu yang cukup dan kesabaran seluas mal. :v

No comments:

Post a Comment