Jejak-jejak Karyaku

Thursday, September 26, 2019

NGOMELIN NOVEL 'FAKE BOYFRIEND ON FRIDAY

Hello, Booklovers di mana pun kalian berada. Balik lagi Ariny NH, CEO syantik nan imut sejagat maya mau ngomelin novel yang baru kelar gue baca. Novel apa? Ini dia penampakannya :

Judul : Fake Boyfriend on Friday
Penulis : Lina Purwanti
 Penerbit : Jejak Publisher
Tebal : 247 halaman



Sebelum gue ngomel panjangxtinggixlebar, mari kalian baca blurbnya dulu. Biar ada bayanganlah isi novel ini tentang apa sih ceritanya? Gue hanya akan bahas kekurangan dan kelebihannya aja.

 Gue mau minta maaf dulu ke author, soalnya gue gak jadi repiew ke yutub. Durasinya bakal panjang. Maybe 30 menit. Tau sendiri, 12 menit aja kualitasnya bapuk udah 500 mb lebih, apalagi yang 30 menit :v

Selain itu, lebih enak via tulisan dibanding ngoceh. Gue akan lebih banyak bahas EBI dan tanda baca. Daripada bertele-tele, langsung aja gue kupas secara tajam setajam golok Bi Jamu Desi 🤣🤣🤣
 ***
 Pertama-tama gue ngomelin EBI dan tanda baca dulu. Di halaman 20 aja gue udah nemuin 3 hal yang nganu.

 1. Elipsis yang tidak pada tempatnya. "Pa..da..bu..bar...ya!" Kemal berusaha berteriak meski dengan terbata.

 Kalau teriak ngapain dipenggal-penggal gitu pengucapannya? Notasi make 'ya', itu masih halus. Berasa kayak Ibu menasehati anaknya. Contoh : "Kamu jangan nakal ya!"
 Padahal yang ngucapin itu anak SMA. Menurut gue ganti aja kalimatnya jadi. "Woy, buruan pada bubar!"

2. Di dialog "Hasyiii" kalau gak dijelasin hasyi itu ternyata bunyi bersin gue gak bakal tau. Gue aslinya rada gak sreg kalimat bunyi-bunyian make tanda kutip kayak dialog, gue rada ragu. Alhasil, gue foto terus kirim ke KMC. Nanyain pas gak sih tulisannya.

Yandi, notabennya editor AT Solo komen. Dia bilang, "Saya dapet pencerahan. Pake onomatope itu boleh, asalkan kalo si onomatope itu punya pengaruh besar (dalam masalah feel) kalo gak bisa dipakein narasi."

Yandi juga ada komen perihal nomor 1. "Teriak dengan terbata tuh gimana 🙄 "Pa..da..bu..bar...ya!" teriak blabla dengan terbata. Kenapa kudu pake dialog tag? 🙄 Pa..da..bu..bar...ya! Ini aneh ya. Kalo mau dieja gitu yo pake pemenggalan, bkan titik titik begitu. Ini editornya siapa? Novel apa? Kok aneh sih? Abis narik bulu hidung masa bersin? 🙄 Emang ada yg begitu?"

3. Partikel pun. Terletak di kata "sedikitpun" harusnya itu terpisah. Karena partikel pun, yang kudu ditulis serangkai hanya kata-kata di pict ini :

Makin ke belakang gue makin banyak nemuin EBI dan tanda baca yang gak pas. Orangtua harusnya dipisah malah disambung. -penulisan mushola. KBBI musala. -ijin KBBI izin Kalau orangtua dan mushola gue mikirnya mungkin "selingkung" tapi masalah kata "izin" keliatan banget editornya males cek KBBI.

Banyak typo juga. Harusnya dokter ditulis doktet. Penulisan kata sapaan juga banyak keseleo. Formula ciamik dari Kak Wardah, ni. Kata sapaan + profesi = kapital Profesi + nama = kapital Kata sapaan + nama = kapital Contoh di novel ini "pak dokter Juna" padahal harusnya "Pak Dokter Juna" Sebenarnya masih banyak lagi. Cuma capek ngetik 🤣🤣🤣

Lanjut bahas kedua. Tentang tokoh dan karakter. Tokoh pendamping namanya sering berubah.
 Halaman 19 nama tokohnya "Kemal"
Halaman 121 nama tokohny berubah jadi "Kamal"
 Halaman 133 berubah jadi "Kemal" lagi. -_-

Di novel ini Juna malah gak keliatan kayak selebgram. Lebih kayak abg labil bucin. Isi dikit-dikit post ig dengan kata-kata bucin. Gue pernah baca vlog Zazkia Adya Mecca, susahnya jadi selebgram itu pusing mikirin caption, pusing pengambilan foto buat endorsan dll. Nah, di novel ini kesulitan-kesulitan itu gak ditunjukkin. Pokoknya Juna ngebucin aja. Padahal Juna dijelasin promoin jualan baju produk temannya, Kemal. Istilahnya brand ambasador gitu lah. Mbok yo si author bikin Juna post ig dibikin ujung-ujungnya promo.
Kalau gak ada adegan Juna menuliskan caption promo, mempengaruhi cerita. Soalnya menjelang ending gue ada baca "usaha Kemal meningkat berkat Juna."
Gimana orang tertarik beli kalau gak ada tentang barang yang dipromoin? Kalau emang si Juna itu selebgram special postingan qoutes bucin, mending gak usah dimasukin ngebantu Kemal jualan produk kakaknya. Toh, Juna juga gak pernah promo kan?

Lanjut ketiga, plot dan konflik.

 Plotnya itu biasa aja. Gak ada sesuatu yang special. Bahkan gue gak like menjelang ending. Berasa sinetron banget. Kalau gue bahas, jatuhnya spoiler gaess.

Kalau gue jadi editor novel ini, gue bakal saranin yang bikin Juna ingin jadi dokter itu karena paksaan mamanya, tapi hatinya lebih ke selebgram. Dibikin gagal tes dulu. Biar konflik lebih seru dan gak terkesan tokoh mendapatkan sesuatu dengan mudah. Ada sisi perjuangan, pesan biar orang tua nggak memaksa anaknya, jadi gak sekadar bahas konflik percintaannya aja.

Jadi, kita udahin aja cuap-cuapnya. Lebih dan kurangnya, pokoknya gitulah. Akhir kata, terima transferan 8 digit ya gaesss. 😘😘😘

No comments:

Post a Comment