Jejak-jejak Karyaku

Monday, December 17, 2018

7 Modal Utama Dalam Membangun Penerbit Indie. Apa saja? Mari, simak sampai habis ya!



Dari dulu banyak yang nanyain, "kak klo mau bangun penerbitan indie modalnya berapa? Terus apa aja yang mesti disiapin?"
Aku beberin di sini aja ya.
Zaman aku ngebangun AT tanpa modal sepeserpun. Efek diajakin jadi lini.
Modal yang aku punya ada 7 :


1. Nekat dan bismillah
Kalau kamu nggak berani melangkah, selamanya kamu nggak maju. Sebelum melangkah, baca bismillah. Libatkan Allah dalam apapun bisnismu, insya Allah akan lancar.
2. Cinta
Cinta di sini bukan kepada pasangan, melainkan pada dunia literasi dan penulis baru. Percayalah cinta sumber energi serta yang akan bikin kamu bertahan ketika banyaknya badai menghadang.
Hubungan kalau nggak memakai cinta ada nyesek, apalagi bisnis.
3. Mental yang strong. Gak gampang mewek. Bikin penerbitan berarti ngerelain diri berhubungan dengan banyak orang dengan berbagai karakter ajaib. Banyak nyinyiran. Belum lagi author rewel, demen ngilang setelah po dan percetakan rese yang nipu.
4. Keuletan. Yup, zaman Arsha Teen, gue berjuang sendirian. Pembantaian naskah, cover, layout, nyatet orderan gue kerjain sendiri.
Untuk baru melangkah gue saranin jangan banyak karyawan. Pemasukan lu masih abu-abu. Yang ada ntar besar pasak daripada tiang. Kecuali klo di awal janjiin berjuang bersama. Kayak anak-anak AT Family 😍😘
5. Kejujuran.
6. Amanah dan tanggung jawab penuh.

Selama buku belum sampai ke tangan penulis/yang order maka tanggung jawab masih ada di pundakmu. Jika cetakan rusak dll kamu juga kudu tanggung jawab mengganti yang baru.
7. Kreativitas
Bisnis kalau CEO-nya nggak cerdik menciptakan ide/kreativitas baru maka bakal cepat kalah saing.

Selain 5 hal di atas, lebih kamu bikin aknot alias akta notaris. Fungsi aknot biar penerbitmu legal dan diakui di pnri. Buat daftar isbn juga. Ibaratnya tuh gini, semewah-mewahnya rumah mertua tetap lebih nyaman di rumah sendiri kan?
Kalau masih nebeng rumah orang ya siap-siap terusir dan lontang lantung.
Untuk bikin akta notaris, tinggal samperin ke notaris dekat rumahmu. Biayanya tergantung notarisnya bilang berapa. Kisaran 1-3 juta biasanya.
AT dulu cuma 500k doang. Rumahku masih masuk desa. Terus notarisnya langganan Omzuk. Yup, berkat bantuan Omzuk AT punya rumah sendiri 😍😘
Satu hal harus lu inget, "bangun bisnis penerbit indie jangan cuma ikut-ikutan tren atau ngikutin orang lain, tapi karena kamu siap jadi pengusaha sekaligus memajukan dunia literasi. Tanggung jawabnya gede."

No comments:

Post a Comment