Jejak-jejak Karyaku

Sunday, February 2, 2014

Pesan Dari Penulis-penulis Senior

Jadi Penulis itu harus rajin. Kayak gue rajin ikut nimbrung di diskusi-diskusi yang ada di grup kepenulisan. Diskusi tersebut nara sumbernya penulis senior. Dari diskusi banyak banget ilmu yang didapat plus penulis senior juga memberi pesan pada penulis lainnya. Ilmu dan pesan dari mereka selalu gue catat di otak ataupun buku diary. Dan malam ini gue mau nyalin pesan-pesan dari penulis ke blog. Jaga-jaga siapa tahu esok gue amnesia. *loh?

-Pesan dari Hilal Ahmad, penulis buku antologi "Cinta tak datang tiba-tiba"
Kalau saya diajarin untuk terus menulis, menulis, menulis. ditolak, ya menulis lagi. dihujat atau dibilang jelek, ya menulis lagi. dibilang bagus atau dimuat, ya menulis lagi. dan jangan lupa baca tulisan orang sebagai perbandingan dan mendapat ilmu sebanyak mungkin, juga sering sharing sama penulis senior.

-Pesan dari Rangga Wirianto, penulis TSS
Dalam menulis, kita tahu betul apa yang mau kita tulis, kemana arahnya dan apa ujungnya.
Kalau udh tau 3 unsur itu aja, dijamin gak bkal ababiel.
Komitmen dengan satu naskah itu adalah komitmen untuk seumur hdup lho, kita gak bisa lagi mencabut naskah yang sudah beredar d masy. Konsisten lah dalam menulis.

-Aida Maslamah, penulis SUNSET IN WEH ISLAND
 Seorang penulis, nggak ada alasan nggak nulis karena sibuk. saya sudah berkeluarga dan punya seorang anak perempuan (5th) yang masih pengen ngelendot sama saya, saya jg mengajar, melihara hewan2 ternak saya di rumah. sperti yang saya omongin tadi, saya bisa menulis kapanpun dan dimanapun tapi untuk quality time biasanya saya nulis jam 9 pagi, kadang di rumah, di kafe atau di sekolah sambil menunggu kelas saya mulai.. dan saya selalu terobsesi dengan deadline, saya bisa kesurupan kalo dikejar2 DL, termasuk sekarang saya sedang battle dengan teman penulis saya untuk menulis 150 halaman untuk 1 minggu...jadi SEMANGAT, luang waktu dan terus belajar, Insya Allah usaha kamu yang terus istiqamah dalam menulis akan membuahkan hasl GOOD LUCK

-Pesan dari Pak Benny, Chef Editor Mizan
kalo kamu pengen naskah cepet di acc bikin naskah super keren (keren ide, story telling, karakter dll) atau bikin naskah super jelek (eyd kacau, dialog gak make tanda petik, dll) naskah super keren, editor baru baca sinopsis dan prolog langsung di acc, kalo naskah super jelek langsung ditolak. kalo naskahmu lama gak dapet kabar ada kemungkinan penerbit bingung mau acc atau tolak

-Pesan dari pak Edi Akhiles, CEO DIVA PRESS
PESAN: 1. buat saya, kualitas sebuah karya ditentukan oleh keunikan ide dan penyajiannya yang baik. Ide menuntut jelajah imajinasi dan imajinasi ditipang oleh pengetahuan, jadi jika pengin raih ide yang kuat/unik, penulis harus berpengetahuan luas (baca, sharing, jalan-jalan, kontemplasi, refleksi). Penyajian: ini ditopang pengetahuaan teori menulis. tp teori nulis butuh praktik. jadi melatih diri menulis. buat saya: produktivitas menulis berbanding lurus dengan kualitasnya. Alamiah ini.
 PESAN 2: dalam bekerjasama dengan siapa pun atau lembaga apa pun (termasuk penerbit), karya doang nggak cukup, tp juga dibutuhkan attitude yang baik. Hormati relasimu, hormati MoU-nya. Buatlah komuniaksi yang sejuk. Tentu saja saya nggak akan mau nerbitin karya penulis yang attitudenya gak asyik, misal: tiap hari nanyaaaaaa kapan terbit. atau sampai bilang "nggak profesional banget ya kok begini sih." no. kerjasama akan berjalan baik jika kedua belah pihak saling menghargai. dan ini penting. sebagus apa pun karya, jika attitud epenulisnya nggak sejuk, saya memilih tidak bekerjasama.
 PESAN 3: jika karyamu sudah dilempar ke publik, biarkan ia menjadi milik publik. apresiasi atau kritik sepedas apa pun itu hak publik. nggak bisa kita minta semua orang mencintai atau membenci kita, bukan? Kritik penting untuk masukan kita, tapi hanya kritik yang tulus dan membangun. adapun kritik yang hanya nyari kesalahan, nyela, apalagi pakai kata-kata gak manusiawi, preetin aja. nggak usah masukin hati, daripada semalaman kau nggak bisa tidur mikirin dia yang mungkin saja dia sedang cekikikan ma kawan-kawannya. thx for all, semoag bermanfaat ya, sampai jumpa di lain waktu.

-Pesan Dari Mom Fitria Pratnasari, penulis novel dan skenario
"CINTAI SETIAP PROSES BERKARYA KARENA BAGIAN ITU DAPAT MEMPENGARUHI KONTEN DAN MATERI KARYA KALIAN." Kesabaran juga merupakan bagian dari proses berkarya lho!

No comments:

Post a Comment