Jejak-jejak Karyaku

Sunday, May 17, 2015

Tips Semangat Nulis Ala Gue

Gue sering banget dapet sms, inbox isinya kek gini : "Mbak Ariny, kok bisa semangat gitu sih nulisnya??
Aku jg pengen bisa semangat nulis, tp ketubruk trus sama yg namanya males. Kasih tipsnya dong biar semangat nulis terus!"

Gue garuk-garuk kepala dulu, bingung mau jawab apa. Gue sebenarnya gak punya tips khusus biar semangat nulis. Semangat itu muncul dalam dirimu sendiri. Ada empat hal yang bikin semangat nulis gue muncul.
1. Dengan tujuan menulis. Bagian ini udah aku bahas, coba klik link  http://arinysusanti.blogspot.com/2014/05/tujuan-gue-menulis-novel.html
2. Cinta pertamaku. Foto cinta pertamaku itu kuprint terus kutempel di samping computer. Saat gue lagi males nulis, gue pandangin aja foto dia. Nggak tau kenapa tiap mandangin wajahnya yang cakep semangat nulis gue muncul lagi. Jadi, kalau kamu pengen semangat cobain deh tempel foto cowok yang paling kamu cintai di samping tempatmu nulis.
3. Ariny holic, pembaca novelku. Saat aku lagi males banget nulis, tiba-tiba ada sms isinya. "kakak, baru baca novel kakak yang berjudul Kamu adalah cintaku. Novelnya keren deh, aku tunggu novel selanjutnya ya!"
4. Gue bikin novel nama tokoh cowoknya make nama mantan gebetan, cinta pertama pokoknya cowok yang pernah gue suka. Kalau make nama musuh buyutan gue sama sekali gak semangat nulis.
Ajaib, semangat nulis langsung muncul gitu aja.
Itu doang sih, simpel kan?

2 comments:

  1. Rin..., nomer 2 dan 4 kayanya susah kalau diterapin ke aku. Wahahaa.., yang ada ntar gak move on-move on.. Hehehe...

    ReplyDelete
  2. klo yang no.4 itu buat nulis novel thriller vin, jadi sekalian balas dendam ke mantan. kamu bisa membunuhnya dengan sadis lewat naskah wkwkwk

    ReplyDelete