Jejak-jejak Karyaku

Monday, August 13, 2018

Kenapa Buku Terbitan Indie Lebih Mahal Dibanding Terbitan Mayor?

Sering kali gue ada baca komen, "kok harganya lebih mahal dari buku mayor? Padahal jumlah halamannya sama."
Kamu juga bakal mikir kek gitu kah? Baiklah, dipostingan ini gue bakal bahas kenapa buku indie lebih mahal dari mayor?



1. Indie itu make sistem PoD bahasa gampangnya cetak satuan. Jelas harga cetak beda dibanding mayor yang make offset - ribuan.
Rumus percetakan itu semakin banyak cetak harga semakin murah.
Makanya wedding agreement bisa 69k padahal tebel 350 hal. Itu karena penulisnya order 2000 eks sekalian.
Penulis order di bawah 100 eks tapi nawar murah ya siap-siap aja gue semprot :v
2. Harga buku indie mahal karena berbagi ma karyawan. Editor, cover, layout dan admin.
3. Kualitas. Buku indie bukan berarti gak berkualitas.
Kayak Rahasia Benih Bambu, harga sengaja gue  naikin 2 kali lipat. Itu naskah winner TAT duel s1. Gue tau banget perjuangan Mbak Idha dalam menulis novel itu. Kalo novel itu gue kasih harga murah berarti gue gak ngehargai perjuangan Mbak Idha dong?

Mahal atau murahnya sebuah relatif. Sensitif kalau diicapkan. Bisa-bisa nyakitin hati penulis dan penerbit.
Lagipula beberala pun harga buku nggak sebanding dengan perjuangan penulis melahirkan 1 novel. Belajar EyD, tanda baca, nyusun plot, revisi dan lain-lain.
Jadi menurutku kalau merasa kemahalan, diem aja. Gak usah dibeli dan cari buku lain. Gampang toh?

Regard,
CeSyan - CEO syantik

No comments:

Post a Comment