Jejak-jejak Karyaku

Tuesday, September 17, 2019

#JPIClass


Hello, gaess. Hari ini gue dapat jatah ngisi materi di grup JPI - Jaringan Penulis Indonesia. Grup binaan penulis skenario kece, Endik Koeswoyo.
Berikut isi tanya jawabnya.


Pertanyaan sudah terjawab semua oleh pemateri. Sayang sekali, waktu kita terbatas. Tapi, jangan khawatir karena akan ada *JPI Class* untuk bedah dan diskusi buku serta materi keilmuan lainnya yang akan digelar secara rutin.

Sebelum menutup berikut rangkuman jawaban pemateri atas pertanyaan sahabat JPI dalam *JPI Class "Bedah Buku - Kau Begitu Sempurna" Bareng Ariny NH.*

Daftar penanya dan pertanyaan:
1. Nama: Siska Amalia Putri
Pertanyaan:
Mbak Ariny, diantara 10 novel solo yang telah Mbak buat. Apa ada satu novel yang membutuhkan perjuangan saat menulisnya?
Jawaban :
Gue nulisnya lancar2 aja. Perjuangannya paling mendadak laptop ngehank, instal ulang naskah ilang -_-
Pas udah ngetik panjang eh mati listrik. Lupa ngesave dan ngetik ulang 🤣🤣🤣

2. Nama: Eka
Pertanyaan :
Apa tanggapan lu melihat makin maraknya penerbitan indie? Apa tanggapan lu ttg rumor tentang penerbit Indie itu mencekik penulis dan hanya mengenyangkan pihak penerbit aja?
Jawaban :
Orang julid gak usah ditanggepin. Toh mereka gak tau hal sebenarnya tentang dunia indie. Biasanya sih gue lurusin ke blog aja. Gimana proses indie dll.

3. Nama: Puspa Dharma Argini
Pertanyaan:
ka Ariny, dari 40 novel itu ada berapa yg berawal dari kisah Kak Ariny sendiri?
Jawaban :
3 keknya
1. Kbs
2. Melepasmu untuk sementara
3. Bisnis penerbit indie gampang2 sulit

4. Nama: Nindya Vanhelwill M
Pertanyaan :
Darimana inspirasi/ide biasanya datang? Saiia sudah baca beberapa karya mbak, saya lihat dari upaya premisnya menarik.
Jawaban :
Dari mimpi. Ngobrol/ghibah sama orang di grup 🤣🤣🤣.
Gue sih tipe apapun bisa jadi ide.
Rindu mantan itu idenya gegara temen gue nyeletuk "kenapa lu gak ngadain reuni mantan aja? Kan mantan gebetan lu banyak" 🤣🤣🤣

5. Nama : Rika.
Pertanyaan :
Apa yang menjadi motivasi Kak Ariny untuk tetap produktif dalam menulis?
Jawaban :
Motivasi gue dulu biar ketemu cinta pertama 🤣🤣🤣
Dan membuktikan difabel itu bisa sukses berkarya.
Gue pen nabokin orang2 yang sering ngeremehin difabel. Naboknya make karya dan kesuksesan dong 😚😚😚

6. Nama: Dirza
Pertanyaan:
Coba sebutkan tiga kata yang tepat untuk menggambarkan dirimu, Kak! 😍
Jawaban :
Gak ah. Biar orang aja yang nilai gue.

7. Nama: Syakky
Pertanyaan:
Ada dua sih.
(1). Apa sih tantangan terberat lo sebagai penulis, mbak?
(2). Dan, apa yg bener2 pengen lo sampein di novel KBS ini?
Jawaban :
Yang pen gue sampein di novel kbs itu banyak. Di antaranya
Nyampein bahwa kaum difabel bukan makhluk yang lemah.
Nunjukin ini loh perjuangan sukses. Sukses gak bisa secara instan. Mesti jungkir balik melawan keapesan dulu

8. Nama: Sifa Hasta
Pertanyaan :
1) Apa lagi mimpi yang ingin dicapai saat ini
2) Motivasinya dong Kak, biar gak menyerah dgn keadaan
Jawaban :
Mimpi gue banyakkk. Target utama sebelum umur 35 gue harus mapan finansial. Punya rumah, mobil, kantor AT4 lantai dan jalan2 keliling indonesia meetip ma AT family 😚😚😚
Motivasinya selalu ingat tujuan awal. Berkarya untuk apa dan siapa?

9. Nama: Rosi
Pertanyaan :
Selain nulis novel, mba Arini tertantang nulis apa nih?
Jawaban :
Nulis nama cinta pertama di buku nikah 🤣🤣🤣

10. Nama: Nia Imut
Pertanyaan:
Genre apa sih yang lu suka? Ada gak cita2 buat keluar dari zona nyaman lu? Misal kalo sering bikin cerita romance, trus beralih ke fantasy gitu?
Jawaban :
Gue suka horor dan thriller. Lah, gue kan nulis semua genre. Cuma ya selalu ada campuran ròmance dan komedi 🤣🤣🤣

11. Nama: Dede Cansyekaleee
Pertanyaan:
menurut lo sampai di mana sih standar penulis yg bener2 udah pantas disebut penulis? Dan gimana caranya menghadapi org2 yg suka ngebanding2in karya kita dengan orang lain yg lebih oke?
Jawaban :
Mentor gue dulu pernah bilang "belum bisa dikatakan penulis, kalau belum ada novel solo terbit di mayor. Makanya gue getol tembus mayor.
Gak apa dibandingin. Anggep aja biar semangat membuktikan diri kita lebih bain dari orang yang dibandingin

12. Nama: Muthi
Pertanyaan:
Pernah berada dititik terendah Dan ngerasa apees banget, gmana cra nekenin diri untk Bangkit? Klo lg buntu ide, ngapain?
Jawaban :
Balik inget tujuan awal berkarya untuk apa dan siapa? 2 hal itu ampuh melawan males, buntu, dll

13. Nama: Puspa Dharma Argini
Pertanyaan:
Ka, diantara semua buku ka ariny adakah buku selain novel? Misalnya puisi gitu..
kalau ka ariny di minta penerbit nulis antologi puisi sendiri mau ga ka kira-kira?
Jawaban :
Emohhhh
Gue gak like puisi. Di AT bisa. Make berbayar tapi 🤣🤣🤣
Kecuali mayor bayar gue 🤣🤣🤣
Gue gak bakal nolak klo ada bayarannya. Gue mah apa aja gue hajar 🤣🤣🤣

14. Nama: kinanti
Pertanyaan :
Sekarang lagi ngerjain naskah apa untuk mayor, Mbak? Kan udah banyak pengalaman tembus segala penerbit mayor, kira-kira AT kapan jadi mayor?
Jawaban :
Tergantung orderannya 🙄
Biasanya ada juga mayor udah nyediain tema, premis, outline gue tinggal ngembangin
Klo mayor bilang sendiri, gak boleh duet ya kerjain sendiri.
Gak mau AT jadi mayor. Banyak modal dan belum tentu balik modal 🤣🤣🤣
Gue mau fokus bangun percetakan aja.
Bulan ini aja baru dapat  honor abis nulisin naskah mayor. Kelarnya bulan lalu. Sendirian nulisnya.
Bulan ini belum ada orderan 🙄

15. Nama: Desy
Pertanyaan:
MasyaAllah tidak bs berkata apapun lg ni😍😍 wawww kak @⁨Arinynurulhaq91⁩ keren bangettt😍😍😍 pokoknya semoga Allah selalu beri kesehatan selalu agar slalu berkarya kak💕 bingung mw nanyak apa hbs nya baru nyimak jg🙏🏻
Kak selain sudah melahirkan buku sebanyak itu, apakah kakak sudah melahirkan naskah film juga?
Terimakasih
Jawaban :
Sayangnya kagak. Belum ada ph yang ngelirik. Tapi mantan terbitan AT udah ada yang difilmkan. Wedding agreement 🤣🤣🤣

16. Nama: Anggie elripsa
Pertanyaan:
bu kos q bukn difabel tp q punya masalah tiap kli klamaan ngetik mataq berair terus n tangan langsung g bs gerak pdhl pgn nulis terus 😭😭😭😭 gmna solusinya bu kos
Jawaban :
Beli kacamata anti radiasi ke optik. Tangan gak bisa gerak kenapa? Sekarang ada gugle voice note. Bisa make suara. Gak ada alasan sih biar gak nulis
Penulis AT glukoma. Dia tetep bisa nulis dan revisi make bantuan apk voice note

17. Nama: Pinut
Pertanyaan:
apa kalimat  paling tersip dan terkenang yang ada di Novel di KBS? 😁
Jawaban :

Di akhir naskah KBS.

No comments:

Post a Comment