Jejak-jejak Karyaku

Tuesday, September 17, 2019

Mau Tulisanmu Viral? Gampang! Ikuti 5 Tips ini!

Selama sebulan ini warganet heboh membicarakan tentang KKN Desa Penari, sebuah cerita yang dibagikan oleh Simpleman melalui cuitan twitternya. Karena keviralan tersebut, membuat Penerbit Bukune meminang untuk versi cetak. Banyak penulis-penulis penasaran, gimana sih biar tulisan viral lalu dipinang penerbit?
Sebenarnya, tips hampir sama seperti yang pernah gue bahas di Youtube. Ini link https://youtu.be/K8uDgBBQf0I hanya saja ada beberapa tambahan. Di antaranya :



1. Isi naskah menyimpang.
Jika kamu memakai tips ini, efeknya memang bakal dibully. Semakin dibully semakin keup. Orang yang tadinya gak tau, bisa saja penasaran. Berani mencoba?
2. Dilabeli "kisah nyata"
Seperti KKN Desa Penari, banyak penulis baru yang menulis di KBM berhastag #kisahnyata. Alhasil, view membludak. Beberapa di antara jadi rebutan penerbit indie bahkan mayor.
3. Sensasi Berantem sama Penerbit atau Penulis lain.
Sensasi berantem sukses bikin orang kepo, otomatis mereka akan menambahkan pertemanan sama kamu.
4. Judul Sama dengan yang Sudah Lebih Dulu Terkenal.
Ini ampuh bikin orang kepo ke karyamu buat membandingkan apakah isinya juga sama dengan yang sudah terkenal itu?
5. Live IG/FB Pura-pura Teraniaya.
Kalian siapin aja skenario akting. Contohnya "Gaess, naskah gue yang judulnya ... di-PHP-in penerbit. Cuma gara-gara sepele. Sedih banget akutu." Jangan lupa siapin tetes mata biar membuat akting menangis semakin memukau.

Sekiranya itu saja tips yang bisa gue cuap-cuapin. Akhir kata, selamat mencoba dan ditunggu transferan 8 digit ya gaess.

No comments:

Post a Comment