Jejak-jejak Karyaku

Rabu, 12 Maret 2014

Tips Saat Mengalami Stuck Ide

Seorang penulis pastilah pernah mengalami yang namanya stuck ide alias mentok ide. Saat stuck ide berarti otakmu lagi lelah berpikir yang harus kamu lakukan stop menulis sejenak, bawa refreshing. Bisa dengan cara jalan-jalan, creambath ke salon, dll. Melakukan 2 cara itu pastinya ngocek duit minimal ngocek buat bayar bensin. Terus kalau lagi bokek apakah gak bisa refreshing? Eits, tentu aja bisa. Hari gini apa sih yang gak bisa? Nih, gue kasih tips cara refreshing saat stuck ide yang mudah, cepat, dan hemat.
Tipsnya adalah kamu browsing di mbah google. Kamu bisa mencari daftar penerbit mayor, tempat-tempat romantis di dunia, masakan yang enak, penyakit langka, daftar film terbaru, daftar lagu-lagu dan apapun yang kamu mau pasti ada.
Dengan browsing kamu akan mendapatkan banyak informasi yang baru. Informasi itu akan memancing ide buat muncul kembali. Kalau gue biasanya ide muncul lagi setelah lihat foto cowok cakep wkwkwek #abaikan.
Berhubung kamu sudah browsing daftar penerbit mayor, begitu naskah selesai kamu tinggal kirim naskah ke penerbit yang kamu tuju. Jadi kamu gak perlu rempong nanyain ke penulis lain "Mbak, cara kirim naskah ke penerbit gimana ya? Nama-nama penerbit indonesia apa aja?"
Tahukah kamu mendapatkan sesuatu dari hasil usaha sendiri itu ada kepuasan batin sendiri daripada mendapatkan sesuatu dari orang lain.
Dulu pepatah bilang "Bertanyalah pada rumput yang bergoyang" tapi zaman sekarang kalimat itu berubah jadi "bertanyalah pada mbah google"
nanya mbah google dulu kalau nggak ngerti juga sungguh terlalu.

1 komentar:

  1. ane jugasuka stuck.. semoga ini solusi yang ane cari.. thanks..

    BalasHapus