Jejak-jejak Karyaku

Wednesday, September 24, 2014

Semua Tentang Novel "Pantaskah Aku Mencintainya?"



Semua Tentang novel “Pantaskah Aku Mencintainya?”


                Halo, blogger. Gue datang lagi nih, dipostingan kali ini gue mau ngebahas semua tentang novel “Pantaskah Aku Mencintainya?”
                Yang pertama kubahas adalah tokoh-tokoh di novel ini. Semua novel gue tokohnya pasti mengambil nama orang-orang terdekat gue. Nah, di novel ini oranng terdekat yang namanya gue pinjem adalah Dahlia Wiskasari, Rayhan, Rafly dan Ustaz Arizal Ridwan Maulana. Seberapa dekat gue dengan mereka? Dan mengapa gue memakai nama mereka? Yuk, simak penjelasannya :
1.       Dahlia Wiskasari : Dia adalah patner novel gue di “Kuntilanak Gaul”. Gue Makai nama dia di novel ini karena sebenarnya novel ini buat kejutan di hari ulangtahunnya tanggal 29 Mei tapi ternyata bukunya terbit bulan September 2014.
2.       Rayhan : Dia adalah mantan gue yang berondong. Dia cocok banget memerankan tokoh novel gue. Sifat aslinya nggak beda jauh ma karakter di novel ini.
3.       Rafly : sepupu gue sendiri.
4.       Arizal Ridwan Maulana : Dia adalah temen SD gue. Gue minjem namanya karena gue lagi kangen sama dia. Gue berharap novel ini bisa mempertemukan gue dengannya.

Yang kedua, sekarang bahas sinopsisnya :
Dahliany Wiskasari, seorang janda berusia 27 tahun. Ia memiliki seorang puteri bernama Sofia. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari ia menjalani 3 profesi sekaligus ; guru les, editor penerbitan indie dan penulis novel.
            Ia menikah dengan Rayhan pada tahun 2005. Usia pernikahannya hanya bertahan 5 bulan. Soalnya Rayhan ternyata lebih mencintai play station daripada dirinya. Lebih parah lagi sifat Rayhan sangat manja dan childish.
            Suatu hari anaknya Ika sakit kanker otak. Ika kaget dan kebingungan mencari biaya pengobatan anaknya. Saat itu juga muncullah seorang wanita bernama Delia Fransisca, dia menawarkan pekerjaan yang menghasilkan banyak uang pada Ika. Berhubung keadaan mendesak maka Ika memutuskan menerima pekerjaan dari Delia. Tapi ternyata Delia malah menjerumuskan Ika ke lembah jurang maksiat. Pekerjaan yang ditawarkan Delia adalah sebagai kupu-kupu malam.
            Ika sudah terlanjur basah, tak bisa mundur lagi. Mau tak mau ia harus menjalani profesi tersebut demi biaya pengobatan buah hatinya. Namun ada hikmah dibalik yang dialami Ika. Ia dipertemukan dengan ustadz muda yang tampan rupawan bernama Arizal. Ustadz Arizal lah yang membantu Ika kembali ke jalan yang benar. Kehadiran ustadz Arizal membawanya pada cinta yang rumit. Soalnya ustadz Arizal hadir di antara Rafly dan Rayhan.
            Yang ketiga bahas back cover.
            Kebanyakan wanita jika mencintai pasangannya karena kelebihannya. Tapi aku mencintai dia karena kekurangannya. Kekurangan itu yang menjadikan dirinya berbeda dari pria mana pun di dunia ini. Dia seorang pria yang tegar, tabah menghadapi cobaan dan selalu mensyukuri nikmat Tuhan.
            Ingin sekali aku menjadi bagian dalam hidupnya. Menutupi kekurangannya dengan kelebihanku. Tapi Aku sadar diri siapa aku dan siapa dirinya. Jika aku disuruh memilih antara kebahagiaannya atau kebahagiaanku sendiri maka aku akan memilih kebahagiaannya. Itulah yang membuatku selalu mengurungkan niat untuk menyatakan cinta padanya. Kebahagiaannya bukanlah bersama diriku tapi bersama wanita yang jauh lebih baik dariku.
            Back cover di novel ini sebenarnya merupakan curhatan di buku diary gue ketika gue jatuh cinta sama cowok.
Terakhir gue bahas perjalanan novel ini. Semua novel pastinya punya liku-liku yang panjang. Begitu pula novel ini. Novel ini ide cerita sejak tanggal 20 Mei 2013. Awalnya gue jadikan cerpen dulu, baru lanjut ke novel dengan rekrut patner. Patner terpilih Nadya Meisitha. Kenapa gue milih dia? Karena waktu itu si Nadya kesemsem ma berondong Mikha Angelo, hati kecil gue mengatakan dia sanggup garap novel ini.
Novel ini sempet ditolak beberapa penerbit mayor : Wahyu Qolbu, Bentang Buyan, Pro U media, Era intermedia. Rata2 mereka ngasih alasan tema terlalu biasa. Gue sempat kirim kemana lagi, dan bulan Juli 2014. Mas Tomy, owner penerbit Derorazie (lini penerbit mayor karya ilmiah) nawarin gue nerbitin naskah di tempat beliau, gratis total dan dapet 4 buku terbit. Gue berunding ma patner, Alhamdulillah patner setuju. Dan terbitlah novel ini bulan September 2014.

No comments:

Post a Comment