Jejak-jejak Karyaku

Thursday, February 26, 2015

Review Novel "Paradise Romance" karya Dita Safitri

Setelah aku selesai mandi, tiba-tiba di atas tempat tidurku ada bingkisan paket. Tanpa basa-basi bergegas aja, aku buku bingkisan itu. Dan ternyata isinya novel "Paradise Romance" karya Dita Safitri. Langsung deh foto selfie :
Seneng? tentunya. Aku dapet novel ini karena perjuanganku menglahkan puluhan orang di giveaway yang diadakan Dita. Sebagai rasa terima ka+sihku, aku mau review novelnya dulu. Sama seperti om Wenda, Reviewnya hanya ngasih sinopsis, kelebihan dan kekurangan novel. Cekidot!
Judul : Pardise Romance
Penulis : Dita Safitri
Tebal : 182 hal
Tahun terbit : 2014
ISBN : 978-979-294741-0

Sinopsis :
Seorang  Seorang soul keeper bernama Ken mendadak
dijatuhkan dari langit. Ken yang tidak
mengingat apa-apa ini pun akhirnya bertemu
dengan Hanna. Satu-satunya manusia yang bisa
melihatnya dalam keadaan bersayap.
Karena beberapa hal, Ken akhirnya menumpang
tinggal di rumah Hanna dan beraktifitas
layaknya manusia bersama Hanna. Ken bahkan
bekerja di Paradise, kafe milik Park Shin, pria
yang nantinya akan disukai Choi Hanna. Sampai
suatu ketika, Ken yang mulai memiliki perasaan
khusus pada Choi Hanna menemukan siapa dirinya
yang sebenarnya. Penasarankan?
Dengan mengusung genre fantasi romantik,
kisah ini sama sekali sangat baru. Menceritakan
bagaimana seseorang bisa berkorban apa saja
untuk orang yang mereka cintai, bahkan nyawa
sekalipun.
Yang menarik dari kisah ini adalah endingnya
yang tak terduga dengan cerita sarat akan
pesan-pesan moral dan menarik untuk dibaca
kalangan muda.


Beberapa bagian yang aku suka dan menjadi kelebihan novel ini :
1. Bebas typo
2. Suka sama ide dasar yang mengangkat tema "SOUL KEEPER" Idenya fresh dan baru banget. Aku aja tau soul keeper dari novel ini. Ide novel ini gak kalah keren dari ide film drama Korea "My Love from star."
3. Gaya tulisannya ringan, ngalir dan mudah dipahami
4. Aku suka karakter-karakter di novel ini. Dita bukan cuma menuliskan kelebihan tokoh namun juga menuliskan kebiasaan tokoh. sehingga tokoh berasa hidup
5. Aku suka Dita pintar memainkan semua tokoh, sehingga di novel ini tokohnya nggak ada yang mubazir alias numpang lewat tok.
6. Aku suka Dita pintar pembaca penasaran. Awalnya aku penasaran soulkeeper itu apa sih? rasa penasaran itu membuat aku terus buku ini. Penjelasan tentang soul keeper ada di hal 98, namun penjelasan itu cuma setengah doang. Dan kemudian penjelasan secara panjang lebar ada di menjelang ending.


Nah, sekarang aku menyebutkan beberapa hal yang tidak aku sukai.
1. Aku kurang sreg ada nama "Jason." menurutku kurang cocok aja sih nama Jason, ada di Korea.
2. Aku kurang sreg sama kalimat, "Tidak bisa! Aku tidak bisa tinggal dengan hantu sepertimu di rumahku." coba deh kalau kalimat diganti menjadi, " "Tidak bisa! Aku tidak bisa tinggal serumah dengan hantu sepertimu."
3. Kadang aku menemukan kata "memerhatikan." tapi kadang aku menemukan kata "memperhatikan." nggak konsisten banget kan?


Oke, seluruhan naskahmu keren Dita. Aku memberikan 4 bintang 
    
   

4 comments:

  1. Rasanya sayang banget direview ini ada spoiler ending, kurang sreg, itu bikin yang belum baca buku Paradise Romance jadi lesu pas baca reviewmu. Review yang baik sepertinya gak perlu nyantumin itu, mungkin direview selanjutnya bisa lebih baik lagi. Thanks.

    ReplyDelete
  2. hihihi wah makasih sarannya. aku baru belajar review soalnya, jadi aku koment apa yang aku rasa aja sih setelah baca novel ini.

    ReplyDelete