Jejak-jejak Karyaku

Rabu, 03 Februari 2016

Review Novel Lexie xu edisi Johan series



Jika wanita lain di awal bulan sibuk beli makeup, cream wajah, sabun pembersih wajah dan lain-lain, aku maah tiap bulan hanya menghabiskan uang buat beli novel. Bagiku beli novel itu nutrisi otak yang jauh lebih penting dari nutrisi wajah.
Novel yang kubeli bulan ini adalah novelnya Lexie xu edisi Johan Series: Obsesi, Pengurus Mos Harus mati dan Teror. Sebenarnya novelnya itu ada 4 seri, satunya lagi berjudul Permainan maut. Tapi aku beli novel permain maut waktu liburan ke duta mall Banjarmasin, sekitar tanggal 3 januari.
Novel edisi Johan series sendiri termasuk novel jadul. Tapi nggak jadul-jadul banget, terbitnya sekitar tahun 2008. Taukah kamu sampai tahun 2016 novel Johan series masih nangkring cantik di gramedia. Dikarenakan novel tersebut edisi cover baru dan masuk cetakan kedelapan. Amazing banget kan? Itulah yang membuatku nggak ragu beli novel Johan Series.
Ya, harus kuakui, aku belinya telat baget. Gara-gara factor ekonomi, aku punya duit sendiri sekitar tahun 2015 sih. Ortuku nggak bakal mau ngasih duit buat beli novel. *plak abaikan curhatanku.
Postingan ini bukan untuk curhat, tapi untuk mereview novel Johan Series. Langsung saja cekidot :
Read more
-Novel Johan Series yang pertama berjudul Obsesi. Tokoh utama di novel ini adalah Jenny Angkasa, biasa dijuluki Jenny Jenazah. Dia cewek sederhana, cantik tanpa riasan, dan smart looking. Payahnya Jenny adalah kurang percaya diri sehingga dia gampang ditindas.
Untunglah dia memiliki sahabat bernama Hanny Pelangi, cewek super cantik dan popular di sekolahnya. Karena sahabatan sama Hanny, Jenny kecipratan popular juga. Sayang, persahabatan mereka retak gara-gara mencintai cowok yang sama.
Cowok yang dicintai Jenny dan Hanny bernama Tony Senjakala. Si Tony ini cowok super cakep di sekolah mereka, diibaratkan artis Ton mirip Ken Zhu, personil F4. Sejak pertikaian Hanny dan Jenny muncullah hal-hal mengerikan.
Oh iya di kelas Jenny Angkasa, ada 2 cewek lagi yang namanya sama. Mereka adalah Jenny tompel dan Jenny bajaj. Mereka berdua mengalami kecelakaan yang mengenaskan. Berdasarkan observasi umum, Jenny Jenazah lah yang akan jadi korban berikutnya.
Belum selesai masalah dengan Hanny, Jenny merasakan ada kejanggalan dengan rumah yang dia tinggali selama enam tahun. Konon di rumah itu berhantu. Karena dulu ada anak kecil mati kecebur kolam dan seorang ibu mati bunuh diri.
Tergerak hati Tony dan Markus, sahabat Tony untuk menyelidiki siapa dalang yang membuat Jenny tompel dan Jenny bajaj celaka sekaligus menyelidiki rumah Jenny Angkasa.
-Novel Johan Series kedua berjudul Pengurus Mos Harus Mati.
Di novel ini tokoh utamanya adalah Hanny Pelangi. Jenny, Tony, Markus, masih ada sih Cuma kemunculan mereka menjelang akhir. Si Jenny ceritanya lagi di Singapura, Tony dan Markus mengadakan kamping latihan judo di Pontianak.
Awalnya Hanny asyik liburan bersama Jenny, namun tiba-tiba dia diminta Benji (pacarnya Hanny yang baru dan juga ketua osis) untuk pulang, lantaran dirinya diminta jadi pengurus mos.
Karena Tony dan Markus nggak ada di sekolah, muncul tokoh baru bernama Frankie Cahyadi. Dia ini cowok Bengal dan nggak naik kelas. Frankie sendiri notabennya sebagai adiknya Ivan, mantan Hanny. (ada di novel Obsesi).
Ide Benji agar acara mos menarik adalah mengarang kisah horror bohongan seputar ruang yang ada di sekolah SMA Persada Internasional. Di luar dugaan Hanny, kisah horror bohongan itu menjelma menjadi kenyataan. Satu persatu pengurus mos mengalami kecelakaan mengerikan yang tidak bisa dijelaskan. Puncaknya nyawa Hanny sendiri nyaris melayang.  
  Yang tertuduh mencelakai pengurus mos adalah Pandu, murid baru. Namun Frankie yakin bukan Pandu pelakunya. Dia bertekad memecahkan misteri dan membuka kedok pelaku yang sebenarnya.
-Novel ketiga Johan series berjudul Permainan Maut.
Di novel ini tokoh utamanya Tony dan Markus. Tony mendapatkan email dari Ailina, teman SMP-nya. Ailina meminta Tony memecahkan kejadian-kejadian misterius di rumahnya yang di Pontianak. Hal itu terus mengusik pikiran Tony. Awalnya Tony melupakan tawaran dari Ailina, karena ingin liburan ke Singapura bersama Jenny.
Kenyataan selalu tak sesuai harapan. Tiba-tiba muncul seseorang yang tidak ingin dijumpai Tony. Seseorang itu tak lain dan tak bukan adalah Tory Senjakala, notabennya sebagai kakak kandungnya sendiri. Tony benci setengah mati sama Tory gara-gara Tory suka menindas dirinya.
Kemunculan Tory, membuat dia mengurungkan niat berlibur ke Singapura. Dia tak ingin Tory bertemu dengan Jenny. Takut Jenny ditindas Tory juga. Akhirnya dia menerima tawaran dari Ailina.  Tony beralasan pada Tory mengadakan kamping pelatihan judo di Pontianak. Tory yang dasarnya suka tantangan langsung ikut sama Tony.
Sesampai di Pontianak, malapetaka terjadi. Tory, tertuduh mencelakai adik kandung Ailina, satu-persatu anggota judo menghilang secara misterius. Dan akhirnya nyawa Tony, Tory dan Markus di ujung tanduk.
-Novel ke empat Johan series berjudul Teror.
Tokoh utamanya adalah Johan. Dalang kejadian-kejadian mengerikan yang ada di novel Obsesi, Pengurus mos harus mati, dan permainan maut si Johan. Johan ini cowok psikopat yang memiliki kisah suram di masa kecil.
Di novel obsesi, si Johan endingnya masuk rumah sakit jiwa namun di novel terror dia bebas dan siap mengambil nyawa orang-orang yang dibencinya : Jenny, Tony, Markus, dan Frankie. Senjata utama Johan dalam aksinya di novel ini adalah dengan menyandra Tory.

Aku berdecak kagum dengan novel Johan series ini. Pasalnya novelnya keren di semua sisi. Mbak Lexie xu lihai meracik plot, karakter, sudut pandang, dan juga ketegangan. Yang aku sukai di novel ini adalah semua tokoh berperan dengan baik. Istilahnya nggak ada tokoh mubazir atau numpang lewat.
Namun sebagus-bagusnya sebuah karya tetap memiliki kekurangan. Nah, kekurangan di novel Johan series terletak pada sedikit nggak logis.
Di novel obsesi tertulis Jenny tinggal di seberang rumah Tony selama enam tahun, dan di novel permainan maut tertulis Tony nggak ingin Tory ketemu Jenny. Halo, mereka kan rumahnya berseberangan masa Tory nggak pernah ketemu Jenny? Ya, walaupun di permainan maut dijelaskan sejak lulus SD si Tory dimasukin ortu Tony ke asrama. Tetep aja aneh. Asrama kan pasti ada liburannya. Nah, pas liburan Tory liburan ke rumah masa iya dia nggak pernah ketemu Jenny?
Namun hal ini tetep tidak mengurangi kekerenan novel Johan series. Aku memerikan 4 bintang untuk semua novel Johan Series. Soalnya aku jatuh cinta sama Frankie.
Buat kamu pencinta novel thriller dan misteri buruan deh baca novel Johan series. Aku jamin nggak bakal nyesel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar