Jejak-jejak Karyaku

Sunday, April 1, 2018

Tujuan Gue Beberin Dosa Naskah Orang di Status

Salah satu kebiasaan buruk gue adalah membeberkan dosa naskah orang di status.
Gara-gara itu banyak yang koment kek gini, "Namanya penulis pemula, masih belajar jadi maklumin aja."



Mungkin kata itu yang jadi pedoman editor2 indie gak berani nyemprot penulis pemula. Takut bikin drop atau gak peduli. Yang penting bagi mereka udah ngelakuin tugasnya ngedit, terus dibayar. Beres.
Gue mana bisa kek gitu. Ibarat anak kecil, melakukan kesalahan tapi dimaklumi terus ma orangtuanya dia akan selalu ngelakuin kesalahan yang sama.
Terus ada juga yang bilang, "tapi jangan diposting di status, kasian penulisnya klo liat."
Bahkan ada yang terang-terangan update status, bilang gue itu editor gak ada etikanya. Hello, gue ngelakuin ini bukan tanpa alasan kali. Gue pernah jadi kalem, ngomelin penulis lewat wa. Tapi nyatanya begitu kirim naskah kedua masih ngelakuin kesalahan yang sama -_-
Itu artinya ngedamprat sembunyi-sembunyi gak memberikan efek jera.
Gue tau diposting di status rada kejam. Tapi cara itu bisa bikin orang yang gak tau, sekalian ikut belajar.
Berbagi ilmu itu termasuk amal jariah loh. Amal yang gak terputus walau kita meninggal.
Itung-itung bedah karya gratis di wall gue :v
Jika diposting di status aja drop, berarti mentalnya belum siap jadi penulis.
Lebih kasian lagi klo penulis itu gak ada perkembangan. Yang harusnya udah tembus mayor tapi kepending selalu melakukan kesalahan yang sama.
Banyak yang mendukung apa yang gue lakuin kok. Kalau gak suka ma cara gue, tinggal remove aja. Gampang kan?

No comments:

Post a Comment