Jejak-jejak Karyaku

Saturday, March 24, 2018

Plagiat Again

Sejak kasus AFI, tindakan plagiarisme semakin bermunculan. Terakhir heboh penulis wattpad plagiat novel yang terbit di mayor. Hari Jum'at tanggal 24 Maret 2018, pas gue bangun bobo buka chat 7 somplak mereka bahas dunia literasi kembali heboh soal plagiat. Lebih mengejutkan lagi pelakunya Devi Eka, runner up Unsa Ambasador. Info yang aku dapet karya yang diplagiat Pika bukan cuma 1 tapi ada 3. Dan semua hasil plagiatan dimuat di koran.



Sedih campur nggak nyangka. Pasalnya gue kenal deket ma dia. Gue manggil dia sebutan 'Pika' gue sering berantem soal Pildan vs Reza DAA. Sering rebutan Afgan juga. Walaupun gue kenal deket tetep aja plagiat itu salah. Gue pengen ngomelin dia di statusnya. Eh, ternyata gue diblokir. Padahal kan gue belum bangun dan gak ikut ngehujat dia?

Gue pengen misuh-misuh di status, tapi mendadak inget kasus Afi. Banyak yang inbox gue, kalau misuh2 di status itu lebay. Justru semakin buat dia makin terkenal. Kali ini gue coba kalem deh. Lagipula ada acara keluarga, HP gue dipegang Upin nonton film Knigth Kris. Gue update status seadanya aja. Sebagai berikut :



Malam harinya, dapet update terbaru soal kasus Pika, karya yang diplagiat bukan cuma 3 tapi ada 8. Waw, menakjubkan. Tapi waktu itu bertepatan ma IBOMA (Indonesia Box Office Movie Award) jadi gue lebih memilih bahas soal IBOMA dulu.

Sabtu, 25 Maret. Dapet update terbaru di grup 7 Somplak, karya yang tercyduk Pika bukan cuma 9 tapi ada 16. Well, ini lebih amazing. Gue mulai ilfeel. Update status.
Anak-anak 7 Somplak banyak yang bahas Pak Edi - owner Diva Press. Beliau salah satu orang merangkul Pika. Kebetulan di status baruku Depoy ada kirim ss koment di status Pak Edi. Aku posting aja ss itu.
Sore harinya Mbak Idha nyeletuk, gini :


Bukan cuma Mbak Idha sih yang heran ma sikapku. Tapi ada 3 orang. Lah, gue kalem dibilang sakit terus mencak-mencak dibilang lebay. Terus gue kudu piye? :v

Malam harinya dapet update baru lagi. Ternyata yang diplagiat Pika bertambah jadi 24. Mendadak gue kepikiran Pian - orang yang dikabarkan menjalin hubungan dengan Pika. Gosipnya mereka cinlok di Unsaambasador. Jadilah gue posting soal pian.

Intiny adalah sedekat apapun gue, kalau dia salah gak bakal gue bela. Gue cuma berusaha kalem aja kok biar dapet Arsyadanie yang kalem :v

2 comments:

  1. Turut prihatin..sayang banget kok mesti jiplak..

    ReplyDelete
  2. Turut prihatin..sayang banget kok mesti jiplak..

    ReplyDelete