Jejak-jejak Karyaku

Wednesday, March 7, 2018

Apa Tujuan Gue Mencyduk Penerbit Abal-abal?


Kasus penerbit abal-abal sendiri sudah marak di dunia literasi sejak tahun 2012. Tapi semakin parah dan heboh tahun 2016. Kenapa? Gara-gara kemunculan Juan Kampret dan Rio mengaku bisnis dikelolanya mayor label. Ada banyak penulis mayor kena tipu, termasuk gue.
Sejak saat itu gue bertekad pengen bikin komunitas mencyduk abal-abal sejak dini. Tujuannya biar penulis pemula, gak kena tipu. Ide gue didukung teman-teman. Jadilah gue bikin KPPA (Komisi Pemberantas Penerbit Aba-abal). Sepanjang tahun 2016-2017 ada puluhan penerbit yang gue bongkar abal-abalannya. Apa aja?


Baca di link http://arinynurulhaq91.blogspot.co.id/2017/10/daftar-penerbit-abal-abal.html
                Usaha gue nggak selamanya berjalan mulus. Di dunia ini kebaikan nggak selamanya diterima baik oleh masyarakat. Gue beserta tim KPPA diserang. Dinyinyir bersaing nggak sehat lah, menjatuhkan lawan cara kotor lah, bongkar aib lah, yang sok alim ceramah soal tabayyun.
                Woy, gue sejak di MTs. Udah diajarin hadis soal bongkar aib. Tapi masa iya kejahatan di depan mata gue umpetin aja? Gue bakal merasa bersalah kalau sampe ada kena tipu, gara-gara gue umpetin. Sebelum gue posting keabal-abalan penerbit udah gue cek dan ricek dulu. Gue juga nggak mau kali mempertaruhkan karier yang udah gue bangun. Gue nggak mau dapet julukan ‘tukang fitnah’
                Karena terlalu banyak yang nyerang, maka th 2018 gue memutuskan berhenti ngurusin abal-abal. Bodo amat. Kalau ada yang kena tipu.
                Jadi ya guys, buat lu yang inbox gue nanya, “Kakak, penerbit blablabla aman gak?” Nggak bakal gue bales. Kenapa nanyain penerbit masih abu-abu? Kenapa nggak milih penerbit yang udah jelas terpercaya aja? Banyak kok penerbit terpercaya. Salah satunya Arsha Teen. *tetep promo :v                               

No comments:

Post a Comment