Jejak-jejak Karyaku

Saturday, January 9, 2016

Cerita di Balik Novel Kau Begitu Sempurna

Hello, Ariny Holic. Ariny Holic merupakan sebutan pembaca novelku. Sebutan itu muncul sejak terbitnya novel perdanaku #KukembalikanCintamu, terbit tahun 2013. Begitu mereka setelah selesai baca novelku, sms aku untuk mengkomentari novel yang kubikin. Dan mereka juga mengatakan, "Aku tunggu novel selanjutnya."
Sayangnya aku harus mengecewakan Ariny holic, pasalnya sepanjang tahun 2014-september 2015 novel tak kunjung lahir.
Tapi alhamdulillah november 2015 lahirlah novel ketiga berjudul "Kau Begitu Sempurna"
Novel ini beda dari dua novelku sebelumnya, soalnya ini novel true story perjalanan hidupku dari SD-jadi penulis. Satu bulan setelah resmi terbit ntu novel ngehits di instagram. Soalnya artis sinetron seperti ammar zoni,  samuel zylgwyn, dante valreand, angelica simpler pada selfie megang novel KBS.  Ini fotonya

Banyak fans mereka yang ngeupload ulang foto tersebut di instagramnya. Capto nya gini , "Ammar zoni with novel Kau Begitu Sempurna karya Ariny NH. Yuk, ke gramedia buat beli novel itu biar samaan ma ammar." Sejak saat itulah banyak yang order lewat aku. Kalau dihitung 30 eks terjual dalam seminggu. Ini menakjubkan soalnya 2 novel sebelumnya 10 eks buku setahun gak habis-habis.
Tau kah kamu proses penggarapan dan penerbitan novel itu panjang. Sekitar satu tahun. Ada cerita di balik penggarapan novel tersebut.
Jadi ceritanya tu gini : Bulan November 2014 tiba-tiba mas editor WQ inbox fbku. Isii inboxnya, "Rin, kamu mau nggak garap naskah orderan Wahyu Qolbu?"
Aku bales inbox-nya. "Boleh. Temanya apa?"
Dia bales lagi, "Kamu nulis true story perjalanan hidupmu dari SD-jadi penulis."
Deg!
Aku dilema yang sangat dahsyat. Menulis true story itu nggak segampang nulis fiksi. Dituntut membuka luka lama plus membeberkan rahasia yang sudah kupendam berpuluh tahun.
Untung saat itu aku punya pembimbing  novel pribadi. Namanya Rayaka Bima Anggara. Bagiku dia bukan sekadar pembimbing, tapi juga teman curhat. Ya  udah aku curhat sama dia lewat WA.
Aku : Bim, aku dapet tawaran garap naskah orderan dari editor mayor label. dia minta aku nulis true story perjalan hidup dari SD-sekarang. Menurutmu gimana? Aku terima gak?'"
Dia : wajib kamu terima. ini kesempatan besar. kesampatan nggak datang dua kali.
Atas dorongan dari Bima, aku nerima orderan tersebut.
Aku dikasih waktu penggarapan itu cuma satu bulan. Alhamdulillah, aku menyelesaikannya tepat waktu.
Judul awal novel KBS itu "Difabel? Nggak masalah tuh!"
Naskahnya juga hanya jadi 65 hal.
Pas aku kirim naskah ke editor, dia minta aku revisi dan nambahi 35 hal lagi. Aku mau memenuhi permintaannya.
Bulan Februari fix kelar. Bulan Maret dikirimi MoU. Novelnya nggak langsung terbit nunggu antrian panjang dulu.
8 Bulan kemudian baru deh terbit.
Aku berambisi novel itu best seller dan difilmkan. Aku muter otak cari cara mewujudkan ambisi itu. Terus buka Instagram, di beranda banyak artis-artis ngeendors produk. Aku jadi mikir gini, "Klo novel KBS dipegang seleb bakal laku keras kali ya?"
Aku lagi ngefans berat ma Ammar zoni dan Dante Valreand. Aku nyari info orang terdekat artis tersebut.
Kebetulan temen fbku, si desti  fansnya kak angel simpeler katanya sering ke lokasi syuting dan kenal deket ma Dante. Tanpa pikir panjang aku kirimin dia 3 eks novel kbs.
Aku kirimnya di waktu nggak tepat. Kak Angel lagi ada di lawang sewu dan Dante pulkam ke palembang. Nunggu mereka pulang dulu deh.
Untung kak Angel nggak lama di lawang sewu, seminggu kemudian dia dah balik ke jakarta. Langsung aja desti ngacir ke loksyut Kak Angel.
Kak Angel nggak langsung selfie, dia sibuk syuting Bioskop trans tv.
Seminggu kemudian baru deh foto dan upload ke ig.
Dante Valrean 2 minggu kemudian baru foto n upload ke ig.

Kalau kirim ke Ammar Zoni dan Samuel Zylgwyn itu lewat Om Endik Koeswoyo, Penulis skenario 7 Manusia harimau. Aku kenal di ig. terus minta alamat lewat line.
Paket yang kukirim ke om Endik ternyata diretur pak pos gara-gara rumah om ewndik nggak ada orangnya dan ditelpon nggak diangkat.
Demi Ammar Zoni aku nggak nyerah gitu aja. akuu balik line om endik, minta alamat yang lain. Eh aku dikasih alamat kantor istrinya Dita Faisal, di tv one. Dan akhirnya paket itu sampe ke tangan bebeb Ammar zoni.
Melelahkan bukan? Jadi inti postingan ini, kalau kamu ingin mewujudkan keingfnanmu, kamu harus siap melewati proses yang sangat panjang.
Buat kamu yang ingin mengikuti jejakku, selamat berjuang!

1 comment:

  1. wow, mantev mbak Rin..
    aku sempet nebak-nebak juga, ini gimana caranya mbak Rin ngendorse novel ke seleb yang lagi ngehits,

    kereen!

    betewe 30 eks seminggu canggih banget lho!

    ReplyDelete