Jejak-jejak Karyaku

Minggu, 28 Agustus 2016

Pertanyaan-pertanyaan yang Sering Muncul di Inbox-ku



Sejak masuk Hitam Putih banyak banget pertanyaan yang masuk di inbox-ku, baik inbox beneran maupun masuk inbox spam. Pertanyaan mereka rata-rata hampir sama. Tanganku pegel ngejawab pertanyaan yang sama, maka dariku aku menjawab semua pertanyaanmu di postingan blog ini aja.
            So, buat kamu yang pengen kepoin aku juga wajib baca postingan ini. Jika pertanyaanmu sudah tertulis, dijamin inboxmu nggak akan kujawab. Langsung aja ya cekidot! BACA SAMPAI HABIS.
            X : Kakak, aku pengen jadi penulis kayak Kak Ariny tapi nggak tau caranya. Ajarin aku jadi penulis dong!
            Y : Kalau ngajarin kamu dari awal, aku lambaikan tangan ke kamera. Belajar menulis sudah diajarkan guru Bahasa Indonesia sejak SD kelas 1. Kamu lupa atau nggak pernah merhatiin pelajaran Bahasa Indonesia. Kalau mau jadi penulis ya kudu rajin membaca. Aku aja dulu belajarnya dari buku, mbah google dan grup-grup penulisan di fb.
            X : Kakak, aku pengen jadi penulis biar bisa menghasilkan uang.
            Y : Belum apa-apa dah mikirin uang. Sah-sah aja sih kalau penulis targetnya buat dapet duit. Tapi jika uang tujuan utamamu, kamu siap-siap kecewa. Semua penulis nggak ada yang langsung dapet duit. Kudu berjuang dulu.
            X : Kakak, aku punya novel tapi gak tau cara kirim naskah ke penerbit.
            Y : Kamu mau penerbit mayor or indie? Klo mayor silakan klik www.arinynurulhaq91.blogspot.com pilih entri populer sebelah kiri. Di sana lengkap daftar mayor label seluruh indonesia. Tapi kamu kudu siap-siap ditolak dan PHP-in. Penerbit mayor sekarang banyak yang nyetop penerimaan naskah.
            X :  Kakak, biasanya aku kalau nulis novel di tengah jalan pasti mandek. Gimana solusinya?
            Y : Pertanyaanmu sudah aku jawab di buku “1 Bulan 1 Novel? Siapa Takut!” di buku itu memberikan solusi 10 kendala yang dihadapi penulis pemula.  
            X : Kakak, bacain dan koreksiin cerpenku dong please.
            Y : Sori, aku nggalk demen baca cerpen. Lagi fokus ngoreksi novel. Kalau kamu pengen minta koment dariku kamu bikin novel terus kirim ke arsha.creative2016@yahoo.com. Cerpenmu kirim ke bedah cerpen yang biasa diadakan grup-grup kepenulisan di fb aja. Aku juga dulu kayak gitu.
            X : Kakak, aku mau nerbitin di Arsha teen bisa gratis nggak?
            Y : Bisa. Tapi kamu harus punya novel yang pernah diterbitkan di mayor minimal 3 kali. Kalau mau nerbitin kumcer, kudu ada 5 cerpen yang udah dimuat di media cetak.
            X : Kak Ariny butuh editor? Aku mau jadi editor  buat Arsha Teen.
            Y : Dari awal berdiri AT, visi & misinya bukan Cuma menerbitkan karya tapi juga membimbing penulis menghasilkan karya yang keren ke depannya. Aku nggak butuh editor, butuhnya pembantai naskah. Biar penulis tau kesalahan naskahnya. Sayangnya aku dah punya 7 orang pembantai naskah.
            X : Kak Ariny kok kuat banget sih menerima penolakan sebanyak 50 kali?
            Y : Itu semua karena cinta pertama #eaaaa :v
            Sementara segitu dulu deh. Kalau ada pertanyaan selain yang tertulis di atas, silakan koment. Nanti aku jawab di postingan berikutnya. Tapi awas aja kalau kepo, “Kapan Nikah?” :v Thanks dah baca ;postingan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar